Kamis 06 Aug 2015 14:37 WIB

10 Orang Wakili Indonesia di Forum Mahasiswa Dunia

Rep: Bowo Priadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar mengerjakan soal Ujian Nasional di sekolah MTSN 9, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (4/5).  (Republika/Tahta Aidilla)
Pelajar mengerjakan soal Ujian Nasional di sekolah MTSN 9, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (4/5). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang mewakilkan  dua mahasiswanya pada forum International Internship Project and Cultural Exchange di Thailand. Keduanya adalah Faisal  Mansur dan Satiul Komariah, yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa semester 5 Fakultas Bahasa (FB) Unissula.

Mereka akan menjadi bagian dari 10 delegasi mahasiswa Indonesia pada forum pertemuan mahasiswa tahunan dunia yang diprakarsai Akhil Education Centre (AEC) Indonesia dan Daala International Volunteers for Social Development Association Thailand ini.  

Kegiatan AEC- Daala ini merupakan pertemuan tahunan mahasiswa dari seluruh dunia yang kali ini diselenggarakan di Thailand. “AEC akan diikuti 200 mahasiswa seluruh dunia, yang masing-masing 10 mahasiswa mewakili satu Negara,” kata Faisal, di Semarang, Kamis (6/8).

Ia menjelaskan, bersama rekannya Satiul Komariah terpilih menjadi bagian dari delegasi Indonesia setelah melalui proses seleksi nasional yang terbagi dalam writing and Speaking test. “Syukur Alhamdulillah dari 10  delegasi AEC Indonesia, yang dua berasal dari Unissula,” ujar Faisal yang juga mahasiswa peraih beasiswa Cerdas Sultraku tersebut.

Kegiatan AEC Daala 2015 kali ini terdiri dari tiga rangkaian kegiatan utama. Masing- masing Learning in Meeting Point (LMP) yang akan berlangsung pada 10 Agustus - 16 September 2015 di La Ngu, Bangkok. Dalam event ini para peserta akan mengikuti workshop dan diskusi bertaraf International mengenai ‘Educational System by Islamic Practices’.

“Forum ini akan membahas mengenai Berbagai sistem pengajaran dengan metode Islami yang telah teraplikasikan di berbagai belahan dunia,” jelasnya.

Sementara untuk international internship II, berupa kegiatan sosial mengajar siswa MI-MTs-MA yang berlangsung pada 17-31 September 2015 di propinsi Satun. Agenda terakhir yaitu berupa Bangkok Sight Seeing and Cultural Exchange (BSSCE) yang bakal berlangsung pada 1- 5 September 2015. Para peserta akan mengelilingi Bangkok dengan kelompok jalan yang di bagi sesuai dengan keunikan masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement