Rabu 05 Aug 2015 19:52 WIB

Tel-U Raih Tiga Penghargaan Ajang Komurindo dan Kombat 2015

Rep: Agus Yulianto/ Red: Yudha Manggala P Putra
Telkom University
Foto: telkom
Telkom University

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEUNGPEUK -- Mahasiswa Telkom University (Tel-U) kembali menorehkan prestasi pada ajang kompetisi nasional. Kali ini mereka berhasil meraih tiga penghargaan pada Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) 2015.

Kompetisi ini digelar pada  2-5 Agustus 2015 di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jabar.

Ketiga tim ini adalah Tim Gatotkaca APTRG yang bertanding pada Kategori Muatan Roket, beranggotakan Tedy Zulkarnaen, Agung Adi Prasetya, Dwi Puspitasari, Irvie Augustine, dan Muhamad Syahputra.

Tim kedua adalah Tim Bangau APTRG pada Kategori Roket EDF yang beranggotakan Muhammad Fadil Abdulah, Muhammad Luthfi Azzam, dan Anggara Wijaya. Sedangkan tim ketiga adalah Tim Ararkula ISS dengan anggota Ivan Krisna Harimurti, Yusuf Pradana Gautama, Galuh Mardiansyah. Mereka berlaga pada Kategori Muatan Balon Atmosfer.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh (LAPAN) ini terdiri dari tiga kategori untuk Komurindo yaitu Muatan Roket, Komurindo Kategori EDF (Electrical Ducted Fan) dan Kombat.

“Pada tiga kategori ini Telkom University menurunkan tiga tim untuk tiga kategori,” ujar dosen sekaligus pembina tim, Budi Syihabuddin, Rabu (5/8).

Menurut Budi, acara puncak kompetisi ini berlangsung pada Selasa (4/8). Pada puncak acara inilah dilakukan uji terbang dan peluncuran balon udara, setelah sehari sebelumnya sudah dilakukan pengujian fungsi sebagai verifikasi kelayakan terbang.

“Pada tahap ini tim Tel-U berhasil meraih Juara I untuk Tim Ararkula ISS pada kategori Muatan Balon Atmosfer, Juara IV untuk tim Gatot Kaca APTRG pada kategori Muatan Roket, serta Ide Terbaik diraih Tim Bangau APTRG pada kategori Roket EDF,” katanya.

Menurut Budi, prestasi tersebut diraih melalui persaingan secara ketat melawan tim dari PENS, UGM, IPB, ITB, UNIKOM, UMY serta tim dari universitas lainnya. Tim Tel-U merupakan gabungan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Rekayasa Industri.

Di bawah bimbingan Budi dan Burhanudin Dirgantoro mereka berhasil menorehkan prestasi di ulang tahun ke dua Telkom University yang jatuh pada tanggal 14 Agustus mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement