Kamis 11 Jun 2015 20:17 WIB

UMY Tuan Rumah Kontes Robot Asia Pasifik

Rep: Yulianingsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kontes Robot Indonesia
Foto: Antara
Kontes Robot Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Setelah menjadi tuan rumah sekaligus penyenggara ajang nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali ditunjuk sebagai penyelenggara Kontes Robot Abu tingkat Asia Pasifik pada Agustus 2015 mendatang.

Puluhan negara akan mengirimkan timnya dalam kontes bergengsi tingkat internasional ini. "Ini merupakan kepercayaan tersendiri bagi UMY dan kami siap," ujar Rektor UMY Bambang Cipto, Kamis (11/6).

Menurutnya secara sarana dan prasarana kampus UMY memang sudah memiliki standar internasional untuk perhelatan berbagai perlombaan. Bahkan secara organisatoris, UMY telah sukses menjadi tuan rumah beberapa ajang nasional seperti Muktamar Muhammadiyah, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Roket Air dan lain-lain.

Menurutnya sportorium milik UMY juga telah memiiki standar internasional untuk penyelenggaraan event.

 

Ketua Dewan Juri KRI 2015 Wahidin Wahab mengatakan, kontes robot abu tingkat internasional yang akan digelar di UMY rencananya berlangsung pada 21-24 Agustus mendatang. "Tema kontes robot internasional ini adalah badminton," katanya.

Negara besar seperti Cina dan Jepang dipastikan akan ikut di ajang tersebut. Sementara itu Hendro Pitowarno, Ketua Bidang Kontes, KRI 2015 mengatakan, para pemenang di ajang KRI 2015 sendiri nanti akan dikirim untuk mengikuti ajang serupa tingkat internasional termasuk di UMY Agustus mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement