Rabu 13 May 2015 23:05 WIB

Perguruan Tinggi Muhammadiyah Gelar Pekan Seni Mahasiswa

Rep: Heri Purwata/ Red: Agung Sasongko
Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat
Foto: Antara
Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 36 perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) akan mengikuti Pekan Seni Mahasiswa PTM ke 2 di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Sabtu-Ahad (16-17/5). Menurut rencana pekan seni ini akan dibuka Menteri Ristek dan Perguruan Tinggi, Prof H Mohammad Nasir.

Dijelaskan Ketua PP Muhammadiyah, Sukriyanto, sejak Muktamar di Yogyakarta PP Muhammadiyah menggalakkan seni dan budaya. Kesenian yang sudah berjalan di antaranya, penggalakan lagu-lagu anak-anak di Jawa dan luar Jawa.

"Mengapa Muhammadiyah menggalakan seni dan budaya? Karena pendiri Muhammadiyah cinta seni dan budaya," kata Sukriyanto.

Sedang Ketua Penyelenggara Pekan Seni Mahasiswa PTM, Jabrohim, pekan seni budaya ini akan memperlombakan 11 tangkai lomba. Yaitu, lomba baca puisi (putra-putri), lomba qiroah (putra-putri), lomba monolog, lomba pop religi, lomba musikalisasi puisi, lomba desain batik, lomba kaligrafi dekor, dan lomba vokal grup.

Tujuannya, kata Jabrohim, untuk memberikan ruang gerak bagi setiap mahasiswa Muhammadiyah untuk menuangkan, mempresentasikan, mengaktualisasikan gagasan, ide, pemikiran inovatif melalui seni. Juga sebagai ruang untuk unjuk prestasi para mahasiswa Muhammadiyah di bidang seni dan budaya.

Kegiatan ini, kata Jabrohim, ditutup dengan dialog budaya yang menampilkan Prof Syafii Maarif, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah. Selain itu, juga ada Emha Ainun Najib, Deddy Mizwar, Dessy Ratnasari, Prof Suminto A Suyuti. N heri purwata

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement