Ahad 01 Mar 2015 17:21 WIB

Biaya Kuliah di Tel-U Gratis Hingga Lulus

telkom university
Foto: telkomuniversity.ac.id
telkom university

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tiga mahasiswa terbaik yang merupakan peraih nilai tertinggi pada ujian masuk tertulis Telkom University (Tel-U) akan dibebaskan biaya pendidikannya hingga lulus.

"Kalau dari jalur ujian tertulis pada masing-masing program studi, peserta yang masuk 'best three' (tiga terbaik), yang nilainya paling tinggi saat ujian akan mendapatkan beasiswa sampai lulus," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Sistem Informasi Heroe Wijanto di Bandung, Ahad (3/1).

Namun, menurut ia, untuk dapat terus memperoleh beasiswa tersebut, nilai dari ketiga mahasiswa terbaik pada setiap program studi itu akan dievaluasi setiap semesternya.

Ia mengatakan sebagai syarat agar pendidikannya terus digratiskan, para mahasiswa ini diberikan batasan minimal nilai indeks prestasi yang tidak boleh dilewati pada setiap smester.

Lebih lanjut ia menuturkan indeks prestasi minimal yang harus diraih mahasiswa itu adalah lebih dari tiga koma lima, sehingga program ini diharapkan dapat mendorong mereka untuk kemudian mempertahankan kualitas belajar yang baik.

"Kalau nilainya di bawah angka tersebut akan dikenakan denda, hal ini agar semangat mereka untuk berprestasi terus terpacu," tutur Heroe.

Selain terdapat program pembebasan biaya edukasi yang didasarkan pada peringkat ujian masuk perguruan tinggi, ia mengatakan lembaga pendidikan yang masuk dalam Telkom Grup ini juga memberikan Beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswanya.

Bidik Misi adalah suatu program bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai 2010.

Bantuan pemerintah ini disalurkan kepada mahasiswa-mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai serta aktif dalam kehidupan kampus, namun kurang mampu secara ekonomi.

Pemberian beasiswa ini dilakukan agar pendidikan para pelajar berprestasi tersebut dapat terus berjalan dan tidak terputus karena alasan ketiadaan biaya.

"Walaupun Telkom University merupakan perguruan tinggi swasta, tapi kami tetap memberikan beasiswa Bidik Misi ini kepada para mahasiswa, dimana ini juga diamanatkan oleh pemerintah," ucapnya.

Selain itu, kepedulian Telkom Grup untuk terus mendorong kualitas pendidikan di Indonesia juga dilakukan melalui Telkom Foundation yang menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi sepanjang tahun 2014 dan 2013.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement