Kamis 19 Feb 2015 16:21 WIB

UNY Berlakukan Kurikulum 2014, Seperti Apa?

Rep: Yulianingsih / Red: Dwi Murdaningsih
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sejak 2014 lalu sudah memberlakukan kurikulum baru yaitu kurikulum 2014. Kurikulum baru yang diberlakukan di UNY ini merupakan kurikulum yang disusun sendiri oleh tim UNY.

Sekretaris Tim Pengembangan Kurikulum UNY, Slamet Suyanto mengatakan, kurikulum baru yang dipakai di UNY didasarkan atas  Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI).

"Penyusunan kurikulum 2014 di UNY ini memang didasarkan pada Perpres Nomor 12 tahun 2014 yang menyatakan kurikulum di PT harus mengacu pada KKNI," katanya saat paparan persiapan peringatakan dies natalis ke 51 UNY, Kamis (19/2).

Dikatakannya, kurikulum 2014 ini sudah diberlakukan di 80 program studi (prodi) d UNY. "Tahun ini sudah berjalan satu semester lebih, di akhir tahun akan kita evaluasi," katanya.

Menurutnya, perbedaan mendasar antara kurikulum lama dengan kurikulum 2014 adalah pada kompetensi lulusan. Pada kurikulum baru ini kompetensi lulusan akan tercantum pada ijazah mahasiswa. Karen selain ojazah mahasiswa akan memperolej Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang berisi tentang daftar kompetensi dan pengetahuan yang dimiliki tiap lulusan.

"Jadi nantinya, setiap mahasiswa akan tampak ia bisa apa, pengetahuan apa yang dikuasainya dan ia bisa diberi tanggung jawab apa. Dengan begitu ke depan tidak akan ada lagi sebuah keahlian dikerjakan orang yang bukan ahlinya," ujarnya.

Menurutnya, UNY membentuk tim khusus dalam penyusunan kurikulum tersebut.  Tim ini kemudian membuat pedoman pengembangan kurikulum yang kemudian dilaksanakan dan dikembangkan di setiap prodi. Kurikulum 2014 ini selain mengacu  KKNI, pedoman pengembangan kurikulum itu juga mengacu pada Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan visi misi UNY. 

Meski sudah diberlakukan satu semester namun, implementasi kurikulum 2014 ini tidak berlaku surut. Jadi mahasiswa yang masuk UNY sebelum 2014 akan tetap menggunakan kurikulum lama. Dan karena ini kurikulum baru. Sementara itu, Wakil Rektor IV UNY  Suwarsih Madya mengatakan,  penyusunan kurikulum 2014 yang mengacu pada KKNI tersebut tentu bertujuan meningkatkan kualitas lulusan UNY. Apalagi saat ini UNY tengah bertekad mewujudkan diri menjadi salah satu universitas berkelas internasional.

"Pengembangan demi pengembangan jelas terus kami lakukan. Baik melalui kurikulum maupun proses pembelajaran. Salah satu contoh pengembangan yang tengah kami garap ialah kuliah jarak jauh yang diadopsi dari Ohio State University, Amerika Serikat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement