Senin 06 May 2013 19:55 WIB

Ciptakan Robot, Dua Mahasiswa Unikom Diundang ke Inggris

 Suasana kompetisi Indonesia Robotic Master Cup 2012 di Jakarta, Sabtu (10/11).   (Prayogi)
Suasana kompetisi Indonesia Robotic Master Cup 2012 di Jakarta, Sabtu (10/11). (Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --  Dua pencipta robot yang notabene mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, M. Yazid Al-Qahar dan Eko Prabowo Putra, diundang untuk mempresentasikan temuannya di Inggris pada 3--13 Juni 2013.

Pencipta dan juara dunia robot di Inggris itu diundang dalam program diplomasi publik Kementerian Luar Negeri RI untuk mempresentasikan temuan robotnya di University of Cambridge dan University of Oxford yang merupakan universitas ternama di Britania Raya.

"Kami adalah dua dari 21 orang Indonesia lainnya yang mengikuti program ini. Kesempatan ini, akan kami manfaatkan untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan robot yang kami ciptakan untuk bisa dipakai di dunia industri," kata M. Yazid Al-Qahar di Bandung, Senin.

Yazid merupakan mahasiswa jurusan Teknik Informatika Unikom peraih emas pada Robogames di California 19--21 April 2013 dengan robot DRU116SGR-V13.

Adapun Eko Prabowo Putra, mahasiswa teknik komputer yang sukses di ajang Trinity College Firefighting Home Robot Contest di Connecticut AS pada bulan April 2013.

Baik Yazid maupun Eko menyebutkan bahwa robot ciptaanya itu baru prototipe. Mereka pun berharap temuannya bisa dimanfaatkan di dunia industri atau membantu pekerjaan manusia sehari-hari.

"Saya berharap robot ini bisa bermanfaat untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan di dunia industri," kata Yazid.

Ia menjelaskan bahwa program Outstanding Students for The World merupakan program dari diplomasi publik Kementerian Luar Negeri RI.

Program itu, kata dia, merupakan sebuah program yang diperuntukkan kepada generasi muda berprestasi untuk dapat memiliki kesempatan berperan dalam mendukung kegiatan promosi dan peningkatan citra Indonesia di luar negeri.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement