Kamis 31 Jan 2013 14:35 WIB

Indofood Tawarkan Dana Penelitian untuk Riset Bidang Pangan

Seorang mahasiswa memperlihatkan beras tiruan hasil inovasi TEchnopark Fakultas teknologi Pertanian IPB di Kampus Dramaga, Bogor.
Foto: ANTARA
Seorang mahasiswa memperlihatkan beras tiruan hasil inovasi TEchnopark Fakultas teknologi Pertanian IPB di Kampus Dramaga, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) kembali meluncurkan program bantuan dana penelitian bagi peneliti, mahasiswa dan dosen di bidang pangan lewat "Indofood Riset Nugraha" (IRN) periode 2013-2014.

"Kami ingin terus menumbuhkan dan membudayakan antusiasme riset di bidang pangan dari berbagai disiplin ilmu. Itu sebagai wujud kepedulian kami untuk kemajuan pangan di Indonesia," ujar Direktur Indofood Franciscus Welirang di Jakarta, Kamis.

Ketahanan pangan nasional, kata dia, menjadi persoalan penting yang membutuhkan perhatian bersama baik pemerintah, kalangan industri dan masyarakat. "14 tahun ketahanan pangan semakin kompleks," katanya.

Franciscus yang akrab disapa Franky itu menambahkan apa yang dilakukan Indofood adalah untuk menghargai para peneliti. Selama ini, sambung dia, para peneliti kurang dihargai pemerintah.

Tema IRN untuk periode kali ini adalah "Penganekaragaman Pangan Melalui Pemanfaatan Aneka Tepung Komposit Dengan Memaksimalkan Komoditas Lokal". Sedangkan topik penelitian IRN dibagi dalam empat bidang penelitian yakni bidang teknologi pangan dan gizi masyarakat, bidang sosial, ekonomi, budaya, bidang budidaya pertanian dan bidang peternakan.

Adapun 10 komoditi yang menjadi fokus penelitian adalah gandum, jagung, ubi jalar, pisang, singkong, kelapa sawit, garut, kentang, kedelai, dan susu beserta turunannya.

Ketua Program IRN Suaimi Suriady mengatakan program tersebut telah berlangsung sejak tujuh tahun terakhir dan penyesuaian.

"Kami akan berupaya menjadikan program ini tidak sekadar progam bantuan, tapi hasil penelitiannya mampu dikembangkan dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ketahan dan penganekaragaman pangan bangsa Indonesia," ujar Suaimi.

Bagi mahasiswa dan peneliti yang tertarik mengikuti IRN dapat mengirimkan proposal penelitian yang ditujukan kepada panitian IRN paling lambat 16 April 2013.

Persyaratan lain adalah proposal penelitian harus dalam rangka menyelesaikan tugas akhir, melampirkan transkrip nilai terakhir, jangka waktu penelitian satu tahun, menyertakan riwayat hidup lengkap mahasiswa dan dosen pembimbing serta penelitian dilakukan di Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement