Kamis 13 Dec 2012 05:39 WIB

ISI Jogjakarta Gelar Konser Karawitan 24 Jam Penuh

Rep: heri purwata/ Red: Taufik Rachman
Gamelan (Illustrasi)
Foto: THEBRIDGEPAI.COM
Gamelan (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta akan memecahkan rekor Muri dengan pentas kerawitan selama 24 jam non stop.

Pentas yang digelar Fakultas Pertunjukan ini akan dimulai Kamis (13/12) pukul 10.00 dan berakhir Jumat (14/12) pukul 10.00.

Menurut Ketua Panitia Pementasan, Sumaryono di Bantul, Kamis (13/12), konsep pentas yang digelar di Pendopo Ki Panjangmas, ISI Yogyakarta ini berupa konser karawitan yang sambung menyambung dari satu grup ke grup lain tanpa jeda.

Setiap grup, lanjut Sumaryono, diberi waktu dua jam untuk menyajikan karawitan khas kelompoknya masing-masing. Mereka akan mulai memainkan musik ketika satu pementasan hampir selesai.

"Jadi mirip pemutaran rekaman karawitan selama 24 jam. Jeda pembawa acara saja tidak ada," ujar pengajar ISI Yogyakarta ini.

Penutupan acara Jumat (14/12), sekaligus pemberian penghargaan Muri atas pementasan karawitan terlama tersebut. Konser karawitan selama sehari penuh tanpa jeda itu melibatkan 400 pemusik. "Ada 16 group yang masing-masing tampil selama dua jam," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement