Jumat 13 Jul 2012 07:33 WIB

Unibraw Juara Umum Pimnas 2012

Rep: neni ridarineni/ Red: Taufik Rachman
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012 yang ke-25.
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012 yang ke-25.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Universitas Brawijaya (Unibra) Malang untuk ketiga kalinya membawa pulang piala bergilir Adikarta Kertawidya karena meraih juara umum dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke-25 di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Piala tersebut pernah mereka bawa pulang pada PIMNAS 2008 dan 2009. Dengan 24 timnya Unbra berhasil meraih  19 kejuaran PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) pada penilaian presentasi maupun poster yang diumumkan pada saat penutupan Pekan PIMNAS ke-25, Kamis malam (12/7).  

Penghargaan yang mereka raih untuk penilaian presentasi PKM adalah  enam penghargaan setara emas , tiga penghargaan setara perak, satu oenghargaan setara perunggu. Sedangkan penilaian untuk poster PKM adalah dua emas, tiga peran, dua perunggu.  

Dalam PIMNAS  kali ini, Unibraw  mengungguli IPB (Institut Pertanian Bogor yang berada di peringkat kedua yang mengirimkan 31 tim dan ITS yang berada di peringkat ketiga yang mengirimkan  41 tim. Sementara itu di peringkat keempat diraih oleh  Universitas Airlangga Surabaya, peringkat kelima Universitas Negeri Yogyakarta, peringkat keenam  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, peringkat  ketujuh Universitas Negeri Semarang, peringkat kedelapan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Malang, peringkat kesembilan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan peringkat kesepuluh Universitas Padjajaran Bandung.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UNIBRAW,  Zuchro Wardi mengaku tidak menyangka timnya dapat mengalahkan perguruan tinggi lainnya yang mengirimkan lebih banyak timnya. ''Saya bersyukur dan bangga atas keberhasilan para  mahasiswa Unibra,''kata Zuchro usai penetupuan PIMNAS.

Hal senada juga dikemukakan Anisa Maulida yang meraih merah kategori PKM Penelitian. Untuk meraih gelar kejuaraan  tidak mudah karena saingannya sangat ketat. ''Kami bangga atas gelar juara umum yang diraih Unibra,''tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement