Rabu 12 May 2010 03:04 WIB

Kemenag Tawarkan Beasiswa ke Sudan

Rep: Bachrul Ilmi/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Agama berencana menggelar tes beasiswa belajar di kampus African International University, Sudan bagi calon mahasiswa Indonesia strata satu pada 18-19 Mei mendatang. Adapun pendaftaran dibuka hingga 14 Mei 2010.

Penyelenggaraan tes bertujuan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan luar negeri. Sementara, beasiswa akan diberikan bagi 30 calon mahasiswa. ‘’Tes ini bekerja sama dengan Kedubes Sudan di Jakarta,’’ kata Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam, Machasin dalam siaran pers diterima Republika, Selasa, (11/5).

Menurut Machasin, tes beasiswa akan dilaksanan secara serentak di Kantor Kementerian Agama dan lima perguruan tinggi Islam negeri. Mereka adalah IAIN Medan Sumatera Utara, IAIN Antasari Banjarmasin Kalimantan Selatan, UIN Alauddin Makassar Sulawesi Selatan, IAIN Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur, dan IAIN Walisongo Semarang Jawa Tengah.

Untuk memastikan independensi, Machasin menyebutkan, penilaian hasil tes akan dilakukan oleh tim penguji gabungan. Tim terdiri dari dosen Sudan bertugas di Indonesia didampingi sejumlah pejabat Kemenag.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement