Kamis 15 May 2014 16:56 WIB

Daftar Pesohor yang Dapat Kursi di Senayan

Rep: Ira Sasmita/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ruang Sidang Paripurna.   (Republika/Agung Supriyanto)
Ruang Sidang Paripurna. (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wajah DPR periode 2014-2019 masih akan diwarnai anggota yang berlatarbelakang pesohor. Sebanyak 19 caleg terpilih sebelumnya dikenal masyarakat sebagai aktor/aktris, penyanyi, model, olahragawan, komedian, dan presenter.

Mereka berasal dari parpol yang berbeda, dan tersebar di beberapa daerah pemilihan. Berikut nama-nama selebritas yang akan menghiasi senayan.

Pertama adalah Okky Asokawati yang tercatat sebagai caleg petahana dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dapil DKI Jakarta II. Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan Okky kembali terpilih sebagai anggota DPR periode 2014-2019. Mantan pragawati itu mendapatkan 35.727 suara.

Kedua, Lucky Hakim yang tercatat sebagai caleg PAN dari Dapil Jawa Barat VI. Lucky merupakan pemain sinetron dan bintang iklan. Sebelumnya, ia pernah mencoba peruntungan pada Pilkada Kota Bekasi. Meski gagal pada pilkada, dengan perolehan 57.891 suara dia berhasil lolos ke Senayan.

Ketiga, penyanyi Anang Hermansyah. Juri kompetisi menyanyi ini berhasil meraih satu kursi dari Dapil Jawa Timur IV melalui PAN. Dengan perolehan 53.559 suara, KPU menetapkan Anang sebagai salah seorang calon terpilih.

Keempat, Dessy Ratna Sari. Aktris, penyanyi, bintang iklan, presenter, sekaligus dosen ini maju sebagai caleg PAN dari Dapil Jawa Barat IV. Dengan perolehan suara  56.397, Dessy meraih satu kursi. Dia mengalahkan pesohor lainnya yang menjadi caleg petahana di dapil yang sama, Inggrid Kansil dari Partai Demokrat.

Kelima, aktor dan penyanyi dangdut Krisna Mukti. Krisna menjadi caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Dapil Jawa Barat VII. Krisna berhasil mendapatkan 31.987 suara dan ditetapkan sebagai calon terpilih.

Keenam, Dede Yusuf Macan Effendi. Aktor laga yang pernah menjadi wakil gubernur Jawa Barat ini meraih 142.939 suara. Dia berhasil menempati satu kursi Partai Demokrat dari Dapil Jawa Barat II.

Ketujuh, Primus Yustisio. Caleg petahana dari PAN ini kembali maju dari Dapil Jabar V. Dengan perolehan 45.485 suara, pemain sinetron ini dipastikan kembali melenggang ke Senayan.

Kedelapan, Rieke Diah Pitaloka. Artis yang populer lewat peran Oneng dalam serial komedi 'Bajaj Bajuri' ini kembali ditetapkan sebagai caleg terpilih. Politisi PDIP ini mendapatkan 255.044 suara di Dapil Jawa Barat VII.

Kesembilan, Rachel Maryam Sayidina. Pemain film sekaligus sutradara ini kembali memperoleh kursi DPR. Rachel menjadi caleg petahana Partai Gerindra di Dapil Jawa Barat II dengan raihan 58.758 suara.

 

Kesepuluh, Tantowi Yahya. Presenter sekaligus penyanyi dari aliran musik Country ini kembali menjadi anggota DPR dari Partai Golkar. Caleg petahana ini meraih 45.507 suara di Dapil DKI Jakarta III.

Ke-11, Junico BP Siahaan atau Nico Siahaan. Nico dikenal sebagai presenter dan pemandu acara kuis di televisi. Dia dipastikan terpilih sebagai anggota DPR periode 2014-2019 dari PDIP dengan 64.890 suara di Dapil Jawa Barat I.

Ke-12, aktor kawakan sekaligus penyanyi Jamal Mirdad. Jamal merupakan caleg petahana dari Partai Gerindra di Dapil Jawa Tengah I. Dia mendapatkan suara sebanyak 39.760.

Ke-13, Moreno Suprapto. Moreno lebih dikenal sebagai seorang pembalab. Dia berhasil meraih 52.921 suara dan dipastikan terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili Partai Gerindra di Dapil Jawa Timur V.

Ke-14, Venna Melinda. Pemain sinetron dan penari ini kembali melenggang ke Senayan dengan perolehan suara 49.383. Dia mewakili Partai Demokrat dari Dapil Jawa Timur VI.

Ke-15, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio. Presenter dan komedian ini  mendapatkan 69.301 suara di Dapil Jawa Timur VIII. Dia ditetapkan kembali terpilih sebagai anggota DPR periode 2014-2019.

Ke-16, mantan petenis nomor satu Indonesia, Yayuk Basuki. Dengan perolehan 25.656 suara, Yayuk menduduki kursi yang diperoleh PAN dari Dapil Jateng I.

Ke-17, Emilia Contesssa. Penyanyi dan bintang film ini lolos sebagai caleg DPD. Dari Dapil Jatim dengan perolehan 1.660.542 suara

Ke-18, Maya Rumantir. Aktris dan penyanyi yang populer pada tahun 1980-an ini lolos sebagai caleg DPD dari Provinsi Sulawesi Utara dengan raihan 206.496 suara

Ke-19, Oni Suwarman. Pelawak dari tanah Pasundan ini lolos ke Senayan sebagai caleg DPD terpilih dari Provinsi Jawa Barat. Oni mendapatkan kursi DPD dengan perolehan 2.167.485 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement