Sabtu 12 Apr 2014 14:39 WIB

Hatta Bakal Jadi Cawapres Prabowo?

Rep: bambang noroyono/ Red: Taufik Rachman
Hatta Radjasa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Peluang Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa untuk bisa tampil pada bursa pencalonan wakil presiden, terlihat meyakinkan. Hatta, dinilai punya modal dan popularitas tinggi, mengimbangi tokoh-tokoh lain.

Pengamat politik dari Indobarometer, M. Qadari mengatakan, jejak karir Menteri Perekonomian itu, modal mapan untuk jadi pertimbangan para calon presiden. Terutama bagi capres di Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Joko Widodo  dan Gerindra, Prabowo Subianto.

 

"Kalau Pak Hatta itu, memang sulit menang kalau dicapreskan. Tapi, kalau untuk dicawapreskan, dia ini (Hatta) salah satu yang populer," kata Qadari, saat ditemui di Jakarta, Sabtu (12/4). Kata dia, banyak keuntungan politik yang didapat kandidat capres dengan menggandeng Hatta.

Antara lain, dikatakan Qadari, Hatta, representasi kelompok tengah, yang saat ini masih cair. "Hatta punya PAN," ujar dia. Qadari menambahkan, latar belakang Hatta yang panjang di pemerintahan, semakin membuat nilai jual eks Menteri Riset dan Teknologi itu, tinggi.

Ditambahkan Qadari, Indobarometer pernah mensurvei hasil perolehan suara pasangan capres dan cawapres populer di awal pemilihan umum legislatif (pileg) kemarin. Dikatakan dia, simulasi survei, dengan memasangkan Jokowi - Hatta, dinilai akan merontokkan perolehan suara kandidat lain.

Yakni dikisaran 20 sampai 30-an persen. Sementara kalau Prabowo menggandeng Hatta, persentase suara pasangan tersebut akan mengimbangi suara pasangan capres paling populer saat ini. "Suara Prabowo - Hatta, akan ada dikisaran 26 persen," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement