Jumat 14 Feb 2014 18:30 WIB

Pemilih Pemula Bisa Gunakan Resi Kependudukan

Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah.    (ilustrasi)
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Eko Riadi mengungkapkan bagi pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada 9 April 2014, dapat menggunakan resi yang dikeluarkan pihak kelurahan setempat.

"Surat resi KTP yang dikeluarkan oleh pihak kelurahan adalah sebagai bukti identitas kependudukan dalam memberikan hak suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014," katanya di Palangka Raya, Jumat (13/2).

Pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada saat 9 April 2014, tetapi belum memiliki identitas diri seperti KTP dan KK, tetap dapat menggunakan surat resi untuk memilih. Sementara untuk warga masyarakat yang berusia 15 - 16 tahun namun sudah menikah, bisa menggunakan KK, KTP, atau surat nikah.

Ia mengungkapkan, kartu identitas diri seperti kartu pelajar atau mahasiswa, tidak diperkenankan dalam memberikan hak suara pada saat Pileg 9 April 2014.

Yang diperkenankan hanya kartu identitas kependudukan seperti KK, KTP, paspor, resi KTP, terkait identitas kependudukan yang sah dikeluarkan oleh pejabat berwenang.

KPU Kota Palangka Raya telah menetapkan jumlah DPT Palangka Raya hasil rapat pleno pada tanggal 18 Januari 2014 menetapkan ada 147.219 pemilih dari 147.572 pemilih pada tanggal 1 Desember 2013.

Perbaikan DPT tersebut berasal dari lima Kecamatan dan 30 Kelurahan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 575 yang ada kota Palangka Raya. Lima Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Sebangau, Jekan Raya, Pahandut, Rakumpit, dan Sabangau.

Penetapan DPT tersebut telah disepakati bersama dan ditandatangani oleh sebagian perwakilan partai politik yang hadir pada saat itu, disaksikan oleh Ketua Panwaslu Kota Palangka Raya serta Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan dan masyarakat setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement