Ahad 29 Jun 2014 21:14 WIB

Hatta: Pendidikan 12 Tahun Adalah Hak Dasar

Rep: Friska Yolandha/ Red: Joko Sadewo
Debat Capres (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Debat Capres (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden Hatta Rajasa berjanji akan memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dasar 12 tahun.

Menurutnya, Prabowo-Hatta juga akan memperluas akses dan mempermudah jangkauan pendidikan ke seluruh Indonesia."Karena pendidikan 12 tahun merupakan hak dasar manusia," ujar calon wakil presiden Hatta Rajasa dalam pemaparan visi dan misi di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Hotel Bidakara, Ahad (29/6).

Undang-undang Dasar 1945 telah mengamanatkan pemimpin Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemajuan bangsa ini sangat bergantung pada kualitas SDM dan Iptek.

Kualitas SDM sangat bergantung pada pendidikan dan kesehatan. Tantangan yang dihadapi pemerintah saat ini adalah bagaimana menjamin masyarakat Indnesia menikmati pendidikan yang inklusif, berkualitas, setinggi dan sedini mungkin.

Prabowo-Hatta meyakini Indonesia bisa menjadi negara yang maju bila meletakkan ilmu pengetahuan sebagai pilar utama untuk membangun peradaban bangsa. "Jatuh-bangunnya sebuah peradaban ditentukan pada sumber daya manusia dan Iptek di zamannya," kata Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement