Jumat 11 Apr 2014 08:34 WIB

Mulai Hari Ini, Masyarakat Bisa Pantau Hasil Scanning Formulir C1

Rep: ira sasmita/ Red: Muhammad Hafil
Hadar Nafis Gumay
Foto: Antara
Hadar Nafis Gumay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai Jumat (11/4) ini, masyarakat bisa memantau hasil pemungutan suara di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia melalui website pemilu2014.kpu.go.id. Laman tersebut akan menampilkan hasil pemindaian (scanning) formulir model C1 beserta lampirannya berupa file jenis JPEG. 

"Kami sudah mulai publikasikan scan C1 melalui website KPU. Masyarakat bisa memantau hasil pemungutan suara di setiap TPS, dan ini bisa menjadi pegangan jika ada yang mempermasalahkan hasil pemilu di TPS," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, di kantor KPU, Jakarta, Jumat (11/4).

Formulir C1, menurut Hadar, dipindai oleh operator di KPU Kabupaten/Kota. Formulir C1 beserta lampirannya memuat dengan lengkap jumlah daftar pemilih tetap (DPT), jumlah suara sah, perolehan suara calon anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan calon anggota DPD.

Pada laman utama, KPU menyediakan informasi tentang prosentase hasil pemindaian dari setiap kabupaten/kota. Yang akan terus berubah setiap waktu sesuai pemindaian yang dilakukan di 497 KPU Kabupaten/Kota.

Untuk mengecek hasil pemungutan suara di TPS, masyarakat bisa langsung memasukkan pilihan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan yang ingin diketahui. Laman akan memperlihatkan hasil pemindaian dari TPS yang telah terunggah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement