Sabtu 03 Dec 2011 05:02 WIB

TMS 2011 Ajang Pabrikan Pamer Mobil Listrik

Mitsubishi PX-MiEV II
Foto: Republika/Agung P Vazza
Mitsubishi PX-MiEV II

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Tokyo Motor Show (TMS) 2011 benar-benar menjadi ajang unjuk gigi pabrikan dunia, terutama terkait kepedulian pabrikan terhadap lingkungan. Buktinya, pabrikan-pabrikan tersebut hampir semuanya menampilkan mobil-mobil ramah lingkungannya, seperti yang digerakkan hybrid atau tenaga listrik.

Hampir semua stand pabrikan di Tokyo Motor Show 2011 menampilkan setidaknya satu mobil yang berkonsep ramah lingkungan. Toyota menampilkan Aqua, Honda memajang Fit-EV, BMW mengusung Active Hybrid 5, Nissan menampilkan Leaf dan PIVO3. Mitsubishi pun tak ketinggalan. Setelah sukses dengan mobil listriknya, i-MiEV, Mitsubishi terus melakukan riset-riset terkait mobil hybrid. Dan keluaran terbarunya yang dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show kali ini adalah Mitsubishi PX-MiEV II, yang disebut-sebut sebagai lanjutan generasi Outlander.

Setiap pabrikan, terlepas dari asal negaranya, seperti dilaporkan wartawan Republika, Agung P Vazza, menyadari sepenuhnya gempa dan tsunami yang menghantam Jepang di awal-awal tahun ini benar-benar menyebabkan kerusakan parah di sejumlah kota di Jepang. Dan Mitsubishi adalah satu dari sedikit pabrikan yang mengubah bencana tersebut menjadi sebuah peluang.

Tokyo Motor Show 2011 mengambil tema Mobility can Change the World, sebagai bentuk kepedulian pabrikan ikut mengatasi masalah lingkungan dan energi dengan teknologi terdepan di bidang otomotif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement