Selasa 20 Feb 2018 12:03 WIB

Mobil Listrik Smart Fortwo yang Mungil

Ini bisa menjadi pilihan lain, bagi mereka yang menyukai mobil listrik seperti SUV.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Smart Fortwo EV
Foto: Engadget
Smart Fortwo EV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kendaraan listrik (electric vehicles/EV) Smart Fortwo Electric Drive Cabrio menjadi mobil mungil, yang dibanderol dengan harga 28.100 USD (Rp 380 juta). Ini bisa menjadi pilihan lain, bagi mereka yang menyukai mobil listrik selain dari kendaraan besar seperti, SUV.

Dilansir dari laman Engadget Senin (19/2), mobil ini memiliki jangkauan 57 mil dan tapak yang pas di bagian belakang truk pickup kebanyakan. Ukuran kecil mobil ini menjadi daya pikat tersendiri.

Salah satu keuntungan terbesar menggunakan Smart Fortwo Electric adalah, pengguna dapat memarkirnya hampir di mana saja. Sebagai contoh di San Francisco, ini adalah berkah, mobil mini dapat diparkir, di tempat yang mobil lain tidak bisa menjangkaunnya. Bahkan apabila tidak ada sepeda motor yang parkir, Fortwo Electric bisa menggantikannya.

Dari tes baterai menghasilkan kisaran sekitar 54 mil per charge di lalu lintas kota. Ketika memasuki jalan bebas hambatan untuk waktu yang lama, jangkauannya turun drastis, seperti halnya dengan semua EV.

Dengan ukuran mobil yang mini juga membuat beberapa orang tidak nyaman. Untuk tingkat keamanan Fortwo memperoleh peringkat 'good' dari IIHS, dan rating bintang empat dari NHTSA untuk versi 2017. Dan versi 2018, merupakan desain yang sama masih belum dinilai.

Meskipun mobil ini memudahkan untuk memarkir kendaraan, namun Smart Fortwo Electric tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup apabila ingin membawa barang bawaan lebih banyak. Untuk sistem infotaiment, layar sentuh tujuh inci opsional memang memiliki navigasi dan media player, namun dukungannya terhadap Android Auto dianggap sebagai fitur terbaik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement