Rabu 15 Nov 2017 11:57 WIB

VW Berencana Produksi Ulang Beetle Berkonsep EV

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
VW Beetle. Ilustrasi
Foto: Carscoops
VW Beetle. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WOLFSBURG -- Volkswagen berencana menciptakan mobil listrik (EV) untuk Beetle, sebagai bagian dari serangkaian model zero-emissions berdasarkan platform MEB (Modular Electric Baukasten) barunya. Ketua VW, Herbert Diess mengatakan, mobil bertenaga listrik yang diusulkan akan menjadi model kedua dari Microbus modern yang diramalkan oleh konsep ID Buzz di pameran motor Detroit tahun ini.

Satu dari sejumlah proposal, direncanakan untuk diajukan sebelum anggota dewan Volkswagen bertemu untuk memilih cara membangun mobil listrik di awal. "Keputusan selanjutnya tentang mobil listrik akan menjadi konsep emosional macam apa yang kita butuhkan," kata Diess, dikutip dari Autocar.

Menjelaskan istilah konsep emosional, chairman Volkswagen yang berusia 59 tahun itu mengatakan, konsep itu mencakup mobil seperti Microbus dan Beetle, dan juga model open-top seperti Kübelwagen dan Buggy. Diess menyangkal bahwa keputusan tegas atas penerus Beetle telah dibuat. 

Namun, dia menyarankan agar model penggantinya menjadi listrik. "Jika kita ingin mengubah Beetle, elektrik itu akan jauh lebih baik dari model hari ini, lebih dekat dengan sejarah, karena bisa jadi penggerak roda belakang," tambahnya. 

Diess menjelaskan, platform MEB memberikan dasar yang sempurna untuk konsep emosional. Ia mengklaim memiliki kesempatan bagus di bidang listrik. Karena bisa melakukan derivatif secara efisien dan VW memiliki platform yang sangat fleksibel. 

"Kita bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan. Penggerak roda belakang, penggerak roda depan, all-wheel drive,"jelasnya.

Referensi untuk penggerak roda belakang berasal dari tata letak yang direncanakan untuk model bertenaga listrik pertama Volkswagen yang sepenuhnya didedikasikan, seperti yang dipratinjau oleh hatchback ID di pameran motor Paris tahun lalu. Konsep ini menjalankan motor listrik tunggal yang mengembangkan 168bhp yang terpasang di dalam unit poros belakang, untuk memberikan dorongan ke roda belakang. 

Motor listrik belakang dan rear-wheel-drive layout dari ID hatchback mencerminkan komponen Beetle asli pada tahun 1939, yang menggunakan mesin pendorong belakang dan merupakan penggerak roda belakang. Pengadopsiannya pada Beetle modern dapat membuka sejumlah keuntungan kemasan yang tidak terlihat pada model front-engined atau front-wheel-drive, termasuk kompartemen bagasi depan yang serupa dengan aslinya. 

Volkswagen menghidupkan kembali Beetle pada tahun 1997, menyusul penerimaan positif dari retro Concept One show car di pameran motor Detroit tahun 1994. Model generasi pertama diproduksi di pabrik Volkswagen di Puebla, Meksiko, hingga 2010, saat digantikan oleh model generasi kedua yang tetap dipasarkan saat ini. 

Diess mengkonfirmasi kepada Autocar bahwa platform MEB sudah direncanakan untuk mendukung hingga 15 model bertenaga listrik baru, lima di antaranya akan dijual dengan nama Volkswagen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement