Jumat 07 Apr 2017 20:17 WIB

Tesla Model 3 Jadi Kendaraan Listrik Pertama Secara Massal

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Tesla Model 3
Foto: The Verge
Tesla Model 3

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak diperkenalkannya Model 3 pada Maret 2016, Tesla jelas berniat untuk menjadi yang pertama, dengan kendaraan listik yang memiliki harga terjangkau. Sekarang CEO Tesla, Elon Musk berencana untuk Model 3 akan mengarah pada pasar massal otonom, menurut Electrek.co.

Semua Tesla Model 3 akan dilengkapi keseluruhan otonom dengan sensor, dan perangkat keras, seperti yang dibangun pada kendaraan Model S, dan X. Namun, itu tidak berarti setiap Model 3 akan self-driving.

Dilansir dari Digital Trends, saat ini opsi Autopilot atau upgrade, dengan biaya untuk Tesla Model S dan X adalah 6.000 dolar AS. Fitur ini memungkinkan empat kamera on-board, dan 12 sensor sonar ultrasonik untuk kemampuan over the air (OTA) perangkat lunak dan pembaruan. Pilihan lain untuk Self-Driving adalah 4.000 dolar AS untuk upgrade.

Baca juga: Tesla Tersingkir dari 10 Besar Vendor Mobil Kemudi Otomatis

Adapun kemampuan self-driving hanya akan digunakan saat validasi perangkat lunak, dan persetujuan peraturan diberikan. Jadi, saat ini tersedia Tesla Model S dan X, dengan 10 ribu USD untuk akses ke rangkaian lengkap dari perangkat keras dan fungsi otonom.

Jika Tesla mempertahankan strategi upgrade, saat ini pada harga yang sama dengan Model 3 mendatang. Ada perbedaan besar dalam harga awal kendaraan. Model 3 dimulai pada 35 ribu USD, sedangkan S dan X dimulai sekitar dua kali lipat harga. Sehingga pembeli mobil dengan 35 ribu USD, diharapkan bisa memiliki hal yang sama untuk pilihan tambahan otonom sebesar 10 ribu USD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement