Jumat 10 Mar 2017 18:32 WIB

Tata Motors dan VW jalin Kerja Sama Strategis

Tata Motors
Foto: EPA/DIVYAKANT SOLANKI
Tata Motors

REPUBLIKA.CO.ID WOLFSBURG -- Volkswagen (VW) AG akan menggandeng Tata Motors untuk meningkatkan bisnisnya di India. Untuk itu Skoda, yang menjadi salah satu unit bisnis VW bersama Tata akan melakukan studi terkait pengembangan produk, layanan dan servis. 

Kesepakatan kedua perusahaan itu telah ditandatangani dan akan diumumkan dalam waktu tidak lama lagi. "Kami bersama Tata Motors telah meletakkan strategi untuk melayani kebutuhan konsumen di pasar yang terus berkembang ini," kata CEO VW, Mathias Mueller dalam sebuah pernyataannya. 

Kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi raksasa otomotif Jerman tersebut karena telah lama VW berupaya merebut pasar otomotif di negara terpadat kedua di dunia itu dari para kompetitornya. Sebelumnya VW telah berupaya bermitra dengan Suzuki Motor Corp, namun tidak berlanjut sebelum VW terlibat skandal emisi tahun 2015. 

Bagi Tata sendiri ini akan menjadi peluang untuk meningkatkan pasarnya di kancah global. Fiat Chrysler sendiri juga telah membidik pasar potensial di India. "Kerjasama ini akan melahirkan solusi yang baik bagi India dan pasar global," kata CEO Tata Motors, Guenter Butschek. 

Pengamat otomotif negara berkembang, Deepesh Rathore, juga menilai kerja sama ini akan meningkatkan kemampuan teknologi dan sistem manufaktur Tata Motors. VW sendiri selama ini sudah tidak bisa berbuat banyak untuk menembus pasar di India. "Skoda akan menyesuaikan dengan pasar di India dan kerja sama ini akan menguntungkan keduanya," kata Rathore. 

 

sumber : Bloomberg
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement