Senin 06 Mar 2017 13:26 WIB

Airbag Bermasalah, Ford Tarik Tipe Edge dan Lincoln

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Ford recall beberapa kendaraan terkait kantung udara.
Foto: Leflanenews
Ford recall beberapa kendaraan terkait kantung udara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Modul kantong udara pada mobil Ford tipe Edge dan Lincoln yang dipasok oleh Takata berisiko tidak mengembang ketika kecelakaan terjadi. Atas dasar itu, Ford melakukan penarikan untuk beberapa tipe mobil Edge dan Lincoln.

Dalam pernyataan resmi, Ford mengatakan kantong udara yang bermasalah mungkin tidak dapat mengembang sepenuhnya. Kemungkinan lain yang dapat terjadi pada kantong udara bermasalah ialah bantalan kantong udara terlepas dari modul kantong udara. "Bantalan kantong udara mungkin terlepas dari modul kantong udara akibat kesalahan susunan komponen dalam modul kantong udara," jelas Ford dalam pernyataan resmi seperti dilansir Leftlanenews.

Penarikan dilakukan untuk memastikan keamanan pengendara. Alasannya, kantong udara yang tidak mengembang jika kecelakaan terjadi berpotensi menyebabkan cedera dan luka. Tipe mobil yang ditarik Ford ialah mobil Edge dan Lincoln MKX keluaran 2016-2017. Selain itu, Lincoln Continental kelauran 2017 juga turut ditarik oleh Ford.

Masalah kantong udara ini tidak berkaitan dengan masalah lain yang dialami Takata terkait penurunan bahan bakar (propellant) Penurunan ini juga berisiko menyebabkan masalah yang membuat pemompa kantong udara pecah dan pecahan tersebut berterbangan di kabin. Kampanye ini mempengaruhi kurang dari 28 ribu kendaraan yang terjual di pasar Amerika Serikat. Jumlah tersebut terbilang cukup kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement