Rabu 08 Feb 2017 07:53 WIB

Gaikindo Ingin APM Bawa Mobil Otonom ke GIIAS

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Gaikindo
Gaikindo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam penyelenggaraan pameran otomotif pada Agustus mendatang, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menginginkan para Agen Pemegang Merek (APM), membawa mobil konsepnya di masa depan, ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Mobil konsep tersebut termasuk kendaraan otonom, yang saat ini banyak dikembangkan oleh sejumlah merek besar di luar negeri.

"Sampai sekarang kita belum dapet, makanya dari program-program ini kita mengimprove mereka. Kira-kira gini, dengan adanya insentif dari kita sama tema ini, ya ke depannya brand kalian itu seperti apa sih, mungkin yang listrik atau apa, silahkan bawa," kata Romi, Presiden Direktur Seven Event selaku Event Organizer (EO) pameran automotif GIIAS di Jakarta, Selasa (7/2).

Ia melanjutkan, selama pameran berlangsung, GIIAS memberikan insentif kepada para APM yang membawa mobil konsep otonom, maupun kendaraan yang akan diluncurkan pertama kali di dunia. Insentif tersebut artinya, keringanan buat APM, seperti mengurangi biaya dalam mengikuti pameran. "Kalau mereka bawa world premier, ada beberapa pengurangan biaya. Ini tidak ada artinya bagi APM, tapi kita menghargai mereka untuk membawa ini," ujar Romi.

Baca juga: Gaikindo Ingin Kejar Ekspor Mobil

Beberapa APM yang potensial untuk memboyong mobil konsepnya, biasanya adalah merek-merek besar. Romi mengatakan, Toyota dan Honda sudah langganan membawa mobil konsepnya dalam pameran GIIAS.

Adapun industri mobil global telah berubah jauh, berbagai terobosan teknologi mendorong perubahan pada industri otomotif, mulai dari penggunaan tenaga Iistrik dengan tingkat emisi rendah, hingga kendaraan tanpa pengemudi. Pergeseran inilah yang mendasari Gaikindo untuk mulai mengajak para pelaku industri otomotif tanah air, agar semakin menyiapkan diri terhadap globalisasi yang terjadi di dunia otomotif.

"Perkembangan yang terjadi di industri otomotif Indonesia memang belum sampai ke titik itu, namun globalisasi yang terjadi membuat pelaku industri otomotif Indonesia mulai mempersiapkan diri untuk dengan terus membangun, dan mengembangkan industri otomotif guna mengikuti industri dunia otomotif global," kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement