Rabu 18 Jan 2017 11:37 WIB

BMW dan Mini Cooper Lakukan Penarikan Ulang Terkait Masalah Kantung Udara

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Airbag
Foto: www.consumeraffairs.com
Airbag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BMW telah mengeluarkan peringatan penarikan kembali di Amerika Serikat, dalam jumlah unit yang besar, namun sebagian model diantaranya cukup mengejutkan. Masalah penarikan terkait dengan airbag samping kursi, yang mungkin tidak menyebar saat kecelakaan terjadi.

Dilansir dari laman Carscoops Selasa (17/1), ini mencakup 3.506 unit dari 4 Seri, 5 Seri, dan 6 Seri, termasuk M4, M5, M6, serta X1, i3, dan i8. Termasuk di antaranya adalah, berbagai varian powertrain dan bodystyle, kendaraan ini merupakan model dari 2016 dan 2017. Seakan itu tidak cukup,mengingat ini bisa meluas ke produk lain yang dibuat BMW Group, termasuk Mini Cooper, Cooper S, dan Clubman, serta Rolls-Royce Dawn.

Baca juga: Takata Terkena Hukuman Denda Atas Kasus Kantung Udara

Hanya satu persen dari model-model yang disebutkan diperkirakan memiliki kerusakan pada airbag. Misalnya, 1.531 contoh crossover X1 terkena dampak,hanya satu dari empat contoh i8 yang ditarik, bersama dengan 28 Dawns, dan satu 535d sedan.

Seiring dengan penarikan kembali terkait airbag, BMW telah menerbitkan hal lain pada delapan contoh X5xDrive40e plug-in hybrid crossover. Masalahnya disiniberasal dari kabel ground listrik yang longgar, sehingga dapat menyebabkan transmisi bergeser secara tiba-tiba ke netral.

Memperbaiki masalah ini akan memerlukanpergantian modul airbag, sedangkan yang kedua dibutuhkan hanya dengan mengencangkan kabel. Kedua penarikan ini dijadwalkan akan dimulai 6 Februari.

Baca juga: Nissan Indonesia Recall Ribuan Livina Terkait Kantung Udara

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement