Selasa 16 Jul 2013 12:53 WIB

Downgrade Mesin, Jaguar Yakin Penjualan Seri XJ dan XF Naik

Jaguar XF 2.0 Turbocharged
Foto: Car and Driver
Jaguar XF 2.0 Turbocharged

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Grandauto Dinamika selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Jaguar dan Land Rover di Indonesia optimistis bisa meningkatkan penjualan seri XJ dan XF yang baru diluncurkan. "Dari pabrik sendiri tidak memberikan target yang tinggi, tapi pelan-pelan ditambah terus (penjualannya)," kata Chief Operating Officer PT Grandauto Dinamika Darwin Maspolim saat peluncuran, di Jakarta, Senin (15/7) malam.

Peluncuran Jaguar XJ 3.0 Supercharged LWB dan Jaguar XF 2.0 Turbocharged merupakan strategi guna meningkatkan volume penjualan dan jaringan purna jual. Varian baru dari kedua seri tersebut diharapkan mampu mendorong penjualan sedan premium yang diproduksi langsung di Inggris itu.

"Customer sekarang lebih berani spend, kalau dulu hanya businessmen yang beli, sekarang siapa pun bisa. Apalagi seri terbaru ini dibanderol dengan harga lebih murah," katanya.

Hingga Juni 2013, perusahana berhasil menjual sekitar 70 unit kendaraan. Diperkirakan, akan menembus lebih dari 100 unit hingga akhir tahun ini. Sementara jika digabung dengan penjualan Land Rover, pencapaiannya sudah lebih dari 100 unit hingga paruh pertama 2013.

XJ 3.0 Supercharged merupakan varian berkapasitas 3.000 cc dari seri serupa yang tadinya berkapasitas 5.000 cc. Sementara XF 2.0 Turbocharged merupakan downgrade dari mesin berkapasitas 3.000 cc menjadi 2.000 cc. Masing-masing dibanderol dengan harga jual on the road Rp 2,28 miliar dan Rp 1,19 miliar. Turun sekitar 30 persen dari harga dari kapasitas mesin sebelum downgrade mesin.

Dengan harga yang diklaim lebih ekonomis itu, Darwin optimistis bisa mendongkrak penjualan dua varian baru dari kedua seri rival BMW seri 7 dan Mercedes Benz S Class itu hingga 100 persen. "Yang XJ diharapkan bisa naik 100 persen, jadi akhir tahun bisa menjual 40-50 unit. Orang-orang memang suka XJ cuma dulu agak mahal. Kalau XF diharapkan bisa terjual lebih dari 50 unit," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement