Senin 08 Jul 2013 16:10 WIB

Lima Fitur Siap Poles Mobil Masa Depan

Rep: Mg13/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Peluncuran lima fitur mobil masa depan di Amerika Serikat
Foto: AP PHOTO
Peluncuran lima fitur mobil masa depan di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT--Thompson Ramo Wooldridge (TRW) perusahaan otomotif milik Amerika Serikat memasok alat elektronik untuk fitur terbaru mobil-mobil masa depan.

Fitur baru tersebut empat antaranya adalah kamera pengintai belakang, sistem antisipasi benturan yang disertai rem otomatis, radar pengingat bila anda keluar jalur, hingga teknologi mesin yang akan mati pada lampu merah untuk menghemat bahan bakar.

Teknologi yang menyelamatkan nyawa dan menghemat bahan bakar tersebut kini semakin murah dan dapat diandalkan. Fitur tersebut tidak lagi hanya bisa ditemui di mobil-mobil mahal seperti Volvo atau Mercedes Benz.

 Nissan Rogue dan Ford Fusion menyusul dan juga memilikinya “Apa yang kita lihat sekarang ini adalah teknologi yang berubah sangat cepat” kata Steve Lunn, kepala pekerja operasi TRW otomotif.

Pihak TRW mengatakan bahwa kini harga radar yang ia gunakan ialah seperempat dari harga yang ia jual 10 tahun yang lalu. Kamera yang digunakan juga jauh lebih murah dan lebih kecil. Alhasil pengguna dapat meletakkan beberapa kamera di bagian tertentu mobil-mobil canggih tersebut.

Kemudian satu fitur lagi yang kian memperbaiki kinerja mobil, yakni lampu sorot  Kini lampu sorot di depan tidak harus bulan hanya demi mengakomodasi lampu bohlam. Desainer dengan demikian memiliki fleksibilitas menempatkan lampu.

LED atau dioda yang mengemisikan cahaya memungkinkan produsen mobil menghasilkan lampu dengan sorot lebih terang namun dalam bentuk lebih kecil. Audi, Mercedes, Acura, Mazda dan beberapa merek sudah mengusung lampu sorot depan lebih adaptif yang bisa mengikuti arah gerak mobil sehingga membantu pengemudi melihat area sekitar sudut mobil saat berbelok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement