Jumat 02 Mar 2012 09:44 WIB

Fokus ke Mobil Kompak Jadi Kunci Sukses Daihatsu Indonesia

All New Daihatsu Xenia
Foto: Daihatsu
All New Daihatsu Xenia

REPUBLIKA.CO.ID,Astra Daihatsu Motor kini menempati posisi nomor dua sebagai APM terbesar di Indonesia. Namun kesuksesan itu tidak didapat dengan mudah, jatuh-bangun dan pahit-manis sudah dirasakan Daihatsu sejak meluncurkan mobil kompak pertama kali pada 1962.

Presiden Direktur PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR mengatakan ADM telah melalui masa-masa sulit seperti pada krisis ekonomi 1998.

Penjualan produksi ADM menurun drastis dan tingkat daya beli masyarakat menurun, mengingat tahun itu Indonesia mengalami krisis ekonomi pasca lengser Mantan Presiden RI Soeharto.

Kemudian, masa keemasan itu terjadi dengan kerjasama patungan Toyota dan Daihatsu pada 2004 yang melahirkan mobil rakyat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, dua kendaraan yang cocok dengan iklim dan kondisi di Indonesia. Saat ini ADM juga mengekspor mobil ke luar negeri seperti Asia Tengah, Jepang, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan.

"Saat ini pangsa pasar ADM di Indonesia sebesar 15.6 persen dan ADM juga mengekspor beberapa mobil ke luar negeri. Hal itu berarti mobil-mobil ADM memiliki kualitas tinggi dan diterima pasar global," katanya ketika memberi sambutan dalam rangka ulang tahun Daihatsu ke-105 di Jakarta pada Kamis (1/2).

Kunci kesuksesan Daihatsu antara lain memproduksi mobil kompak karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang membutuhkan mobil keluarga dan irit. "Kami (ADM) tidak bermain di luar mobil kompak, karena itu policy-nya," kata Marketing Director ADM Amelia Tjandra

Kedua, ADM memiliki kekuatan jaringan dan distribusi yang luas di Indonesia. Hal itu terlihat dari jumlah Showroom ADM sebanyak 181, bengkel resmi sebanyak 146 dan toko suku cadang sebanyak 2.871. Ketiga, ADM selalu menanamkan investasi yang besar untuk perkembangan Daihatsu di Indonesia seperti pengenalan produk baru, pembangunan pabrik di Karawang, penambahan outlet dan dll.

"Kami berpikir pelanggan kami yang membeli mobil sekarang tidak perlu khawatir karena ADm memiliki suku cadang mobilnya hingga sepuluh tahun ke depan. Pada 2004, ADM hanya memiliki outlet sebanyak 147 unit dan ADM menargetkan outlet sebanyak 211 pada 2014," kata Chief Executive Officer PT. Astra Internasional tbk -  Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin.

Akhirnya, Sudirman berharap semoga Daihatsu semakin banyak dicintai oleh pelanggan Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement