Sabtu 24 Mar 2018 09:40 WIB

Honda Ciptakan Mesin Pemotong Rumput Tercepat di Dunia

Model tersebut mampu menghasilkan 109 hp (81 kW).

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Honda
Honda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Honda terus mencoba melebarkan bisnisnya mulai dari pesawat terbang sampai mobil. Tapi salah satu divisi perusahaan yang lebih populer adalah unit taman dan kebunnya.

Untuk membantu mempromosikan jajaran traktor dan mesin pemotong perusahaan, Honda bekerja sama dengan mitra Touring Car Championship Inggris mereka, Team Dynamics, untuk menciptakan Mean Mower. Traktor rumput berkinerja tinggi yang diresmikan pada tahun 2013 dan menyematkan mesin motor V-twin 1.0 liter yang bersumber dari Honda VTR Firestorm.

Traktor ini juga dilengkapi dengan bermacam-macam upgrade lainnya. Model tersebut mampu menghasilkan 109 hp (81 kW). Spesifikasi itu memungkinkan Mean Motor untuk membuat Guinness World Record sebgai mesin pemotong rumput tercepat. Saat dijalankan di DIADA Proving Ground di Spanyol, mesin pemotong rumput mampu mencapai kecepatan 116 mph (187 km / jam) yang hampir 30 mph (48 km / jam), lebih cepat dari rekor sebelumnya.

Namun, dikutip dari Carscoops, rekor itu akan terpecahkan. Sebab Honda telah menciptakan Mesin pemotong rumput baru yang disebut Mk. 2. Digadang-gadang sebagai penerus model asli, mesin pemotong terbaru akan didukung oleh mesin 1.0 liter empat silinder yang bersumber dari Fireblade CBR1000R.

Dampaknya, mesin pemotong rumbut ini menghasilkan torsi 189 hp (141 kW) dan torsi 84 lb-ft (114 Nm). Honda mengatakan Mk. 2 benar-benar 'liar' dan akan mampu mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 134 mph (215 km / jam). Kecepatan itu tidak terlalu buruk, karena mesin pemotong rumput tersebut lebih cepat daripada beberapa mobil. Mesin pemotong rumput itu akan digerakkan oleh Jessica Hawkins yang merupakan mantan juara karting Inggris dan bersaing dalam Mini Challenge untuk Excelr8 Motorsport.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement