Sabtu 13 Oct 2012 06:32 WIB

Jateng Pertahankan Gelar Juara Umum Peparnas

Rep: Angga Indrawan/ Red: Hazliansyah
Atlet berlomba dalam lari 5.000 meter tuna daksa Peparnas XIV 2012 di Rumbai Sport Center, Pekanbaru, Senin (8/10). (ilustrasi)
Foto: Antara/FB Anggoro
Atlet berlomba dalam lari 5.000 meter tuna daksa Peparnas XIV 2012 di Rumbai Sport Center, Pekanbaru, Senin (8/10). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Perhelatan akbar kompetisi atlet difabel, Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV Riau telah usai menyelenggarakan seluruh cabang olahraganya.

Dari 11 cabang dan 1.132 medali yang diperlombakan, Jawa Tengah berhasil memastikan diri sebagai juara umum sekaligus mempertahankan gelar Peparnas sebelumnya pada 2008 di Kalimantan Timur.

Jawa Tengah berhasil menjuarai turnamen di bumi melayu lancang kuning itu dengan mengoleksi 90 emas, 55 perak dan 42 perunggu.

Kejayaan Jawa Tengah di Peparnas di tahun ini sudah diprediksi banyak pihak. Lantaran, sejak baru bergulirnya beberapa nomor di hari pertama perhelatan, Jawa Tengah sudah langsung tancap gas dengan mengemas 54 emas.

Terbukti, hingga hasil akhir seluruh cabang Olahraga, Jawa Tengah meninggalkan Jawa Barat yang menempatkan diri di peringkat kedua dengan menyabet 54 emas, 55 perak dan 35 perunggu. Sementara itu, pemilik tempat hajat, Riau, berhasil menempati posisi ketiga dengan mengeruk 26 emas, 40 perak dan 41 perunggu.

Dari seluruh medali emas yang diborong kontingen Jawa Tengah, mayoritas diraih di cabang atletik. Setidaknya, cabang atletik mendapat 54 emas, 25 perak dan 20 perunggu. Selain menjuarai di cabang atletik dan voli duduk putera, Jawa Tengah juga berhasil menjadi juara umum di cabang bulutangkis dan panahan dengan masing masing mengoleksi 7 emas.

Ketua kontingen Jawa Tengah, Budi Hariyanto mengungkapkan, prestasi yang berhasil ditorehkan kontingennya ini berkat kerja keras seluruh atlet di bebagai nomor. "Kami yakin, kami optimis, bahwa Jawa Tengah telah mantap untuk mempertahankan tradisi juara," ungkapnya, Jumat (12/10) malam.

Selain tiga daerah yang merajai papan atas tersebut, gebrakan menakjubkan juga sebenarnya datang dari kontingen paralimpik Papua. Menempati posisi ke-empat peraihan hasil akhir medali, Papua berhasil mengantongi raihan 26 emas, 15 perak dan 14 perunggu.

"Prestasi yang mampu membanggakan bagi kami dan rakyat Papua, sebelumnya, kami hanya menargetkan 12 emas di cabang renang," ungkap ketua kontingen Papua di cabang renang, Jaya Kusuma, Sabtu (13/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement