Jumat 22 Sep 2017 11:35 WIB

Etape Terakhir Tour de Molucca, Sekolah di Ambon Diliburkan

Menko Maritim Luhut B Panjaitan (kedua dari kiri) didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff (kiri) bersepeda mengelilingi sejumlah ruas jalan di Kota Ambon usai membuka lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas 2017 di Ambon, Maluku, Minggu (17/8).
Foto: Antara/izaac mulyawan
Menko Maritim Luhut B Panjaitan (kedua dari kiri) didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff (kiri) bersepeda mengelilingi sejumlah ruas jalan di Kota Ambon usai membuka lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas 2017 di Ambon, Maluku, Minggu (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Sekolah di Kota Ambon, mulai dari tingkat TK hingga SMA maupun sederajat, pada hari ini, diliburkan dalam rangka menyukseskan etape V sekaligus penutupan lomba balap sepeda internasional Tour de Molucca (TdM) 2017. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Saleh Thio, mengatakan, sekolah diliburkan karena etape terakhir event olahraga berbasis pariwisata itu start dari Pantai Namalatu, Desa Latuhalat, Kota Ambon, Jumat (22/9), pukul 13.00 WIT.

Pembalap menuju pusat Kota Ambon selanjutnya ke Poka, kecamatan Teluk Ambon melintasi Jembatan Merah Putih (JMP) - sejumlah desa di kecamatan Baguala - mengitari ibu kota Provinsi Maluku sebanyak tujuh kali untuk finis di monumen Gong Perdamaian Dunia, pukul 16.30 WIT. "Jadi kebijakan dilakukan untuk menyukseskan TdM yang pertama kalinya diselenggarakan di Maluku, sekaligus memberikan kesempatan kepada para siswa menonton para pebalap terkenal luar negeri menunjukkan kebolehannya," ujar Saleh.

Begitu pula, melalui menonton TdM memotivasi para siswa untuk mencintai olahraga sepeda karena bermanfaat bagi kesehatan. "Saya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ambon yang juga menindaklanjuti surat edaran Sekda Maluku, Hamin Bin Thahir mengurangi jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 22 September 2017," kata Saleh.

Pengurangan jam kerja ASN dalam rangka menyukseskan etape V melintasi sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon dan akan ditutup. Para ASN pada Jumat (22/9) masuk kantor pukul 07.30 WIT dan pulang pukul 11.30 WIT. Padahal, waktu kerja biasa adalah masuk kantor pukul 08.00 WIT dan pulang pukul 17.00 WIT. "Saya memantau ternyata mahasiswa Unibversitas Pattimura (Unpatti) Ambon juga para dosen memberikan kuliah di kampus Poka dengan batas waktu pukul 10.00 WIT," kata Saleh.

TdM 2017 yang didukung Badan Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale - UCI) dan PB ISSI itu melintasi IV etape lainnya di pulau Seram. Etape I yakni Piru, ibu kota kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) - Masohi, ibu kota kabupaten Maluku Tengah menempuh jarak 179,7 km. Etape II yakni Wahai, Maluku Tengah - Bula, ibu kota Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) hanya 75 km dari rencana awal sepanjang 155,8 km karena pertimbangan teknis.

Etape III rute pantai Gumamai, SBT - Wahai menempuh jarak 153 km). Etape IV adalah Masohi - Waipirit, kabupaten SBB 141,5 km pada 21 September 2017. Event yang berlangsung 18 - 22 September 2017 diikuti 14 tim dari dalam dan luar negeri dengan 125 pembalap dari 20 negara, di mana 67 orang merupakan pembalap utama, sedangkan sisanya adalah pembalap cadangan serta mekanik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement