Rabu 14 Jun 2017 07:07 WIB

Indonesia Terbuka 2017: Tommy Tantang Lee Chong Wei

Tommy Sugiarto
Foto: dok. Humas PP PBSI
Tommy Sugiarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Atlet-atlet bulu tangkis Indonesia dari tiga nomor pertandingan siap menyumbangkan kejutan dalam kejuaraan Indonesia Terbuka 2017 hari ketiga yang berlangsung di Jakarta Covention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (14/6). Tiga nomor pertandingan babak utama yang akan berlangsung dalam turnamen tingkat super series premier itu adalah tunggal putra, ganda putra, dan ganda putri.

Mereka akan menyumbangkan kejutan berupa hasil menang ataupun kalah yang menyusul persaingan ketat pada dua nomor pertandingan sebelumnya yaitu tunggal putri dan ganda campuran. Pada nomor tunggal putra, Indonesia menempatkan tiga wakil. Mereka adalah Tommy Sugiarto, Jonatan Christine, dan Anthony Sinisuka Ginting.

Tommy akan langsung mendapatkan tantangan terberat pada laga pembukanya karena harus menghadapi pemain unggulan pertama Lee Chong Wei. Pertandingan dengan Datuk Lee itu akan menjadi pertemuan kelima belas Tommy yang telah mencatatkan 14 kali kekalahan dari Lee. Pada ganda putra, dua pasangan Merah-Putih akan menghadapi dua ganda Denmark dalam turnamen berhadiah total satu juta dolar AS itu.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang menjadi salah satu tumpuan target medali bagi wakil tuan rumah akan menghadapi ganda putra Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Di atas kertas, Kevin/Marcus yang menempati peringkat pertama dunia itu lebih diunggulkan dibanding Kim/Anders. Pasangan juara All England 2017 itu juga mencatatkan 14 kali kemenangan dari 15 pertemuan sebelumnya atas Kim/Anders.

Sementara, pasangan lain Indonesia yang akan mendapatkan persaingan ketat dari Denmark adalah Berry Angriawan/Hardianto. Mereka akan menantang ganda unggulan dua sekaligus pasangan senior Mathias Boe/Carsten Mogensen. Kejutan lain yang layak diharapkan adalah pertandingan ganda putri Greysia Polii/Apriani Rahayu dengan pasangan Korea Selatan Chae Yoo Jung/Kim So Yeong.

Ganda senior-junior Greysia/Apriani telah memulai penampilan perdana mereka dalam Piala Sudirman 2017 di Australia. Meskipun belum membuahkan kemenangan, mereka mendapatkan kepercayaan dari pelatih untuk kembali berpasangan dan turun dalam turnamen internasional tertinggi di Tanah Air itu.

Pertandingan pertama babak utama ganda campuran, wakil tuan rumah telah mendapatkan kejutan setelah pasangan unggulan Praveen Jordan/Debby Susanto kalah dari pasangan muda Denmark Mathias Christiansen/Sara Thygesen 21-15, 19-21, 11-21.

Namun, Indonesia masih dapat berharap perolehan target satu gelar juara setelah pasangan andalan lain Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melaju ke putaran kedua dengan menundukkan ganda Korea Selatan Kim Dukyoung/Kim Ha Na 19-21, 21-19, 21-18.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement