Ahad 12 Mar 2017 01:03 WIB

Penuh Drama dan Menegangkan, Kevin/Gideon Lolos ke Final All England

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi lolos ke babak final All England 2017.
Foto: PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi lolos ke babak final All England 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Indonesia berhasil mengamankan satu tempatnya di babak final turnamen All England 2017 melalui sektor ganda putra. Satu-satunya wakil Indonesia di babak semifinal, pasangan unggulan lima Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi mengalahkan unggulan delapan dari Denmark, Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding, Sabtu (11/3).

Sejak awal gim pertama, pertandingan sudah berjalan ketat. Kedua pasangan tidak membiarkan lawannya untuk dengan mudah meraih angka. Sejak kedudukan 6-6, Kevin/Gideon sempat unggul dengan 9-6 dan 11-8.

Namun pertandingan kembali berjalan ketat saat duo Mads kembali bisa menyamakan kedudukan dengan 13-13 dan 15-15. Kevin/Gideon sempat unggul 17-15, namun duo Mads meraih empat angka beruntun dan berbalik unggul dengan 17-19 dan mencuri gim pertama dengan 21-19.

Duo Mads terus melanjutkan dominasi permainan dan keunggulan angkanya dengan 0-4, 4-7 dan 10-11 di paruh gim. Pasangan Denmark sempat memprotes servis panjang Kevin yang tidak dinyatakan pelanggaran oleh hakim servis.

Rupanya hal ini mengganggu konsentrasi pasangan Denmark. Dengan servis di tangan Kevin, pasangan Indonesia meraih 10 angka beruntun dan berbalik unggul dengan 20-12 serta memaksakan rubber game dengan meraih kemenangan di gim kedua dengan 21-13.

Gim ketiga yang menentukan juga berjalan menegangkan. Kedua pasangan saling mengejar dan mengungguli perolehan angka. Duo Mads sempat unggul tipis 10-11 di paruh gim ketiga. Perolehan angka yang ketat terhenti saat kedudukan 17-17, Kevin/Gideon mampu merebut empat angka beruntun dan memenangkan pertandingan dengan 21-17.

Dengan kemenangan ini, Kevin/Gideon melangkah ke babak final di turnamen All England untuk pertama kalinya. Kemenangan ini juga menjadi kemenangan pertama Kevin/Gideon dari duo Mads dari tiga pertemuan mereka. Sebelumnya Kevin/Gideon kalah di babak perempat final All England 2015 dan di babak penyisihan grup Super Series Final 2017.

Di babak final, Kevin/Gideon akan melawan pasangan unggulan enam dari Cina, Li Jinhui/Liu Yuchen, Ahad (12/3). Ini merupakan pertemuan kedua kalinya bagi kedua pasangan. Pada pertemuan pertama dimenangkan pasangan Cina di Vietnam Open 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement