Sabtu 23 Apr 2016 23:15 WIB

Wow, Peserta Asal Papua Lolos Screening Audisi Djarum Foundation

Rep: Binti Sholikah/ Red: Bilal Ramadhan
Suasana Audisi Umum PB Djarum
Foto: PB Djarum
Suasana Audisi Umum PB Djarum

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Tiga peserta asal Kabupaten Asmat, Papua, lolos audisi umum Djarum Beasiswa Bulutangkis tahap screening di GOR Sudirman, Surabaya, Sabtu (23/4). Mereka akan berjuang lagi pada Ahad (24/4) untuk memperebutkan super tiket ke babak Grand Final Audisi Umum di Kudus, Jawa Tengah, pada September 2016.

Ketiga peserta asal Papua tersebut yakni, Reza Ramdhani (14 tahun), Ariandi Dwi Fajar Asmat (15 tahun), dan Agustinus Bisak (15 tahun). Mereka tergabung dalam klub PB Asmat yang didampingi oleh sang pelatih Amirullah.

“Sebelum audisi umum kami sudah memiliki persiapan. Kami berlatih setiap hari setelah mereka pulang sekolah, dan yang kami bawa ke sini itu yang kami anggap paling berpotensi,” ucap Amirullah.

Agustinus bercerita, ia mulai berlatih bulutangkis sejak 2010. Keinginannya mendapat dukungan dari orangtuanya yang lantas membelikan raket dan mendukungnya ikut klub. Siswa kelas II SMP YPPK Slib Suci ini mengaku ingin bisa ikut pertandingan tingkat nasional.

Oleh sebab itu, ia giat berlatih untuk bisa mengikuti Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis tahun ini. “Persiapannya latihan fisik dan teknik. Latihan setiap hari sepulang sekolah dari pukul tiga sore sampai jam sembilan malam,” kata Agustinus yang mengidolakan Taufik Hidayat ini.

Untuk sampai ke Surabaya, ia mengaku harus menyisihkan 17 rekannya yang lain di PB Asmat. Ia pernah menyabet Juara I lomba bulutangkis tingkat kabupaten di Merauke. Sementara Ariandi mengaku berlatih bulutangkis sejak 2012 atas keinginannya sendiri.

“Awalnya saya pinjam raket punya om saya, baru kemudian dibelikan raket sendiri sama orangtua,” tuturnya.

Ariandi mengikuti Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis agar bisa mengikuti Pelatnas. Siswa kelas II SMP N 2 Asmat ini pernah menyabet juara III lomba bulutangkis di Kabupaten Nabire.

Keduanya optimistis bisa mengikuti audisi umum tahap selanjutnya sampai ke Kudus. Namun, jika tidak lolos, mereka tetap akan berlatih bulutangkis dan mengikuti turnamen bulutangkis tingkat nasional.

Pada tahap screening ini, sebanyak 383 peserta berjuang agar bisa lolos tahap selanjutnya. Dari proses screening, sebanyak 194 peserta berhasil lolos untuk mengikuti babak penyisihan selanjutnya pada Ahad (24/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement