Jumat 04 Mar 2016 17:26 WIB

Tim Uber Indonesia Lolos ke Putaran Final

Piala Thomas dan Uber
Piala Thomas dan Uber

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Tim Uber Indonesia lolos ke putaran final turnamen Piala Uber yang akan digelar di Kunshan, Tiongkok, pada 15-22 Mei, setelah Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan hasil penghitungan poin peringkat dunia.

"Pengumuman itu merupakan kabar positif karena atlet-atlet putri Indonesia tidak harus absen pada final Piala Uber 2016," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia sekaligus Manajer Tim Uber dan Thomas Indonesia Rexy Mainaky di Jakarta, Jumat (4/3).

Rexy mengatakan, tim putri Merah Putih juga masuk dalam daftar tim unggulan keenam dari 16 tim yang lolos berdasarkan hasil penghitungan poin peringkat para pemain tim, baik dari sektor tunggal putri maupun ganda putri.

Tim Uber Indonesia kalah dalam penyisihan grup C oleh tim Uber Korea Selatan 0-3 pada turnamen kualifikasi Piala Uber di Hyderabad, India, Jumat (19/2).

Namun, BWF menyatakan, penentuan tim yang lolos ke putaran final dari lima zona, yaitu Asia, Eropa, Oseania, PAN Amerika, dan Afrika, termasuk tim Indonesia.

Berdasarkan sistem penentuan yang disebut Continental Team Event itu, BWF menempatkan tim Uber Tiongkok sebagai tim unggulan pertama karena juara Asia Team Championship 2016.

Sementara di zona-zona lain, Denmark merupakan tim unggulan di zona Eropa, Australia menjadi tim unggulan di zona Oseania, tim Mauritius unggulan di zona Afrika, dan tim Amerika Serikat unggulan di zona PAN Amerika.

Zona Asia dan Eropa juga mewakilkan tiga tim semifinalis yang telah mengamankan tempat pada turnamen final Piala Uber 2016. Tim-tim itu, antara lain, Jepang, Korea, dan Thailand untuk zona Asia. Lalu, tim Bulgaria, Spanyol, dan Jerman untuk zona Eropa.

Turnamen final Piala Uber 2016 masih menyisakan lima tim dari seluruh zona. BWF menyatakan, lima tim yang berhak mengikuti turnamen final di Kunshan adalah tim India, tim Indonesia, tim Taiwan, tim Malaysia, dan tim Hong Kong.

"Kami sudah optimistis masuk putaran final Piala Uber karena ofisial kami sudah menghitung poin sebelum pengumuman BWF itu. Semoga tim Uber dapat tampil lebih baik pada turnamen final walaupun persaingan semakin ketat," ujar Rexy.

Berbeda dengan tim Uber, tim Thomas Indonesia menjuarai turnamen kualifikasi Piala Thomas di India dan berhak atas gelar juara Asia Team Championships 2016. Tim Thomas Indonesia menang pada laga final yang sengit melawan Jepang dengan skor akhir 3-2.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement