Rabu 12 Jun 2013 13:19 WIB
Indonesia Terbuka 2013

Chong Wei Susah Payah ke Putaran Kedua

Lee Chong Wei
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Lee Chong Wei

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei, harus bersusah payah untuk lolos ke putaran kedua setelah akhirnya bisa menghalau hadangan Wang Zhengming dengan skor 20-22, 21-4, 22-20 pada kejuaraan bulu tangkis Djarum Indonesia Terbuka di Jakarta pada Rabu.

Pertandingan berlangsung sengit. Chong Wei yang kehilangan game pertama mampu mengembalikan keadaan di game kedua. Namun, pada game penentuan di game ketiga, ia sempat tertinggal jauh dan harus berjuang keras untuk akhirnya bisa mengejar dari ketertinggalan yang sudah mengancam.

Pada game pertama, bintang Malaysia itu ditaklukkan pemain peringkat 11 dunia asal Cina tersebut. Chong Wei sebenarnya sudah lebih unggul 19-17. Namun, Zhengming dengan cerdik mampu membuat peraih medali perak Olimpiade 2012 London itu kehilangan kendali permainan.

Ia terus menyusul sampai kedudukan sama 20-20. Zhengming kembali melancarkan serang smes keras yang gagal dibalas Chong Wei. Akhirnya, Zhengming unggul 22-20.

Pada game kedua, Chong Wei membalas kekalahan. Zhengming dibuat tak berkutik dengan penguasaan permainan Chong Wei yang menunjukkan kelas dunia. Chong Wei tampil dominan meninggalkan jauh Zhengming hingga 10-0.

Ia mengeluarkan pukulan-pukulan sulit dan smes-smes mematikan yang hampir tidak mungkin bisa dikembalikan. Sementara, Zhengming hanya mampu mencuri poin berkat kesalahan Chong Wei saat smes kerasnya menabrak net. Chong Wei tak terkejar dengan skor 21-4.

Namun pada game ketiga, secara mengejutkan Chong Wei kembali tertinggal. Ia dibuat mati sendiri oleh pemain yang telah tujuh kali dikalahkannya itu. Chong Wei akhirnya mencetak poin berkat pukulan Zhengming yang menabrak net. Tetapi, Zhengming masih mengendalikan permainan.

Zhengming dengan lihai memainkan bola tipis menyamping yang gagal dibalas oleh Chong Wei. Penguasaan yang baik dari Zhengming seolah mengunci Chong Wei untuk melancarkan pukulan-pukulan mematikannya seperti pada game kedua.

Meskipun begitu, perlahan tapi pasti, Chong Wei mulai menyusul sampai akhirnya ia bisa menyamai kedudukan 18-18. Pertandingan pun berlangsung menegangkan. Chong Wei justru melakukan kesalahan sendiri dengan pukulan yang terlalu jauh dari garis lapangan sehingga ia kembali tertinggal 19-20.

Namun, di sini mental berbicara ketika kedudukan sama 20-20, Zhengming justru membawa dirinya sendiri pada kekalahan ketika dua kali pukulannya yang terburu-buru menabrak net dan membawa Chong Wei berbalik unggul 22-20.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement