Jumat 24 Nov 2017 15:43 WIB

Begini Cara Marquez Lolos dari Kecelakaan di Final MotoGP

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap Repsol Honda, Marq Marquez
Foto: Youtube
Pembalap Repsol Honda, Marq Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Juara dunia MotoGP empat kali, Marc Marquez nyaris mengalami kecelakaan tunggal di final MotoGP Valencia beberapa waktu lalu. Saat itu kecepatannya mencapai 153 kilometer per jam dengan kemiringan 64 derajat.

Bagaimana caranya pembalap berjulukan Baby Alien ini bisa selamat dan kembali menguasai tunggangannya? Begini analisanya, dilansir dari GP One, Jumat (24/11).

Marquez mengerem saat trek lurus sepanjang 30 meter di luar titik pengeremennya yang biasa. Pembalap asal Spanyol ini berada pada kecepatan 153 km per jam menggunakan gigi ketiga.

Saat motornya direm, ban depan masih meluncur 50 meter sepanjang lintasan, sementara sudutnya 64 derajat. Marquez menyadari dia mengerem terlalu cepat.

"Saya kemudian bersandar dengan menumpukan beban di siku saya. Saya mencoba menggunakan siku dan lutut seolah keduanya adalah tuas untuk menguasai motor saya kembali," ujar Marquez.

Orang-orang mungkin mengatakan hal itu hampir mustahil. Untuk Marquez, ini ternyata cukup standar. Marquez pun bisa menyelamatkan gelar juara dunianya yang nyaris hilang dan finis ketiga di belakang Dani Pedrosa dan Johann Zarco.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement