Ahad 29 Oct 2017 22:25 WIB

Dovizioso Bantah Lorenzo Mengalah demi Dia Juara

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita
Pembalap Ducati Andrea Dovizioso (tengah) berjaya di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada seri ke-17 musim ini, Ahad (29/10) siang WIB. Finis di belakang Dovi, ada rekan setimnya, Jorge Lorenzo (kiri), dan rookie MotoGP dari tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco (kanan).
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Pembalap Ducati Andrea Dovizioso (tengah) berjaya di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada seri ke-17 musim ini, Ahad (29/10) siang WIB. Finis di belakang Dovi, ada rekan setimnya, Jorge Lorenzo (kiri), dan rookie MotoGP dari tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SEPANG -- Pembalap Tim Ducati Andrea Dovizioso membantah rekan setimnya, Jorge Lorenzo, mengalah pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Ahad (29/10) siang tadi. Dovi mengaku dia memimpin karena memang berhasil mendahului Lorenzo. 

Dovizioso, yang mengantongi enam kemenangan musim ini, dengan cepat mengakhiri spekulasi bahwa Lorenzo menerima perintah untuk memberikan jalan padanya agar memimpin lomba. Kala itu, Lorenzo sedang memimpin balapan. 

“Dia memang kehilangan posisi terdepan. Saya juga mengalami berulang kali,” kata dia dalam sesi konfrensi pers usai balapan dilansir Sports 24, Ahad (29/10).

Lorenzo pun buru-buru membantah adanya perintah dari Ducati namun dia juga tidak ingin melakukan sesuatu yang gila. “Saya kehilangan kendali di lap ke-15. Saya pikir saya mengalami kecelakan, tapi saya tidak ingin menabrak Dovizioso," terang Lorenzo.

Lorenzo sempat memimpin balapan di Sepang setelah menyalip rookie MotoGP dari tim Yamaha Tech 3 Johann Zarco pada lap kesembilan. Tiga lap kemudian, giliran Dovi menyalip Zarco. Memasuki empat lap terakhir, Dovi bisa menyalip Lorenzo. 

Bermula dari kesalahan Lorenzo yang melebar, pembalap asal Spanyol itu nyaris jatuh. Kesempatan ini diambil oleh Dovi yang hingga selesai balapan terus melaju di posisi pertama. 

Kemenangan ini memastikan Dovi sukses membatalkan pesta juara rider Repsol Honda Marc Marquez. 

Pembalap asal Italia tersebut menang dengan catatan waktu 44 menit 51,497 detik. Dia unggul 0,743 detik dari Lorenzo yang berada di urutan kedua. Di podium ketiga, ada Zarco sedangkan Marquez harus puas finis di luar posisi podium karena menyelesaikan balapan di peringkat keempat. 

Dengan hasil di Sepang ini, Dovi masih berpeluang meraih gelar juara 2017. Saat ini, Dovi punya 261 angka, masih tertinggal 21 dari Marquez. Dovi masih bisa menyalip perolehan angka Marquez pada race terakhir musim ini di Valencia, Spanyol pekan depan.

Dovi pun mengaku senang menjadi juara dan mengapungkan kembali harapannya untuk menjuarai Moto GP musim ini. "Ya, saya senang mempertehankan tantangan juara yang masih hidup" kata Dovizioso. 

Dovi pun puas kerja keras tim Ducati sepanjang akhir pekan ini terbayar lunas dengan kemenangan di MotoGP Malaysia. 

Sementara itu, Zarco mengaku senang bisa berada di posisi ketiga. Dia pun merasa termotivasi untuk menjelang akhir musim dan balapan di Valencia. “Tidak masalah kalau Lorenzo dan Dovizioso menyalip saya. Kami menjalani hari luar biasa hari ini,” kata dia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement