Rabu 10 Jan 2018 23:33 WIB

‘F1 Sedang Lakukan Pengembangan Pelindung Kokpit’

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Ratna Puspita
Mobil Mercedes AMG GP yang dilengkapi halo atau pelindung kokpit.
Foto: EPA/SRDJAN SUKI
Mobil Mercedes AMG GP yang dilengkapi halo atau pelindung kokpit.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Bos-bos tim Formula 1 sedang mengevaluasi penambahan tampilan digital bergulir ke perangkat proteksi kokpit atau Halo untuk musim 2018. Integrasi Halo ke dalam sasis F1 2018 menjadi tantangan baru bagi tim sekaligus akan memberikan peluang komersial tambahan.

F1 saat ini sedang menganalisis serangkaian solusi eksperimental untuk memaksimalkan ruang ekstra yang diciptakan oleh pengenalan Halo. Salah satu solusi tersebut adalah ticker digital bergulir, seperti versi LED yang digunakan dalam bursa saham.

"Formula 1 telah berbicara tentang penerapan semacam papan digital, jadi saya pikir kami akan memanfaatkannya sebaik-baiknya. Mungkin semacam ticker running, seperti yang Anda lihat di bursa saham. Untuk menunjukkan beberapa jenis pesan dan hal semacam itu,” kata direktur eksekutif McLaren Zak Brown dilansir dari Motorsport, Rabu (10/1). 

Brown menyatakan ada beberapa peraturan seputar apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan dengan Halo. Misalnya, dia mencontohkan, bagian dalam Halo tidak bisa dicat agar tidak mengganggu pembalap. "Seperti semua hal, itu akan berkembang seiring berjalannya waktu, jadi seperti apa Halo hari ini akan berbeda dalam lima tahun,” kata dia. 

Brown juga berharap Halo akan semakin terintegrasi dengan kendaraan sehingga visibilitas pengemudi bisa lebih baik.

Namun demikian, juru bicara F1 mengatakan belum ada hal spesifik dalam pengembangan Halo. "Tapi kami selalu mencari cara baru untuk membantu mitra komersial kami, serta tim dan promotor mendapatkan visibilitas terbaik di setiap balapan,” kata dia.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement