Sabtu 11 Aug 2012 07:43 WIB

Korsel Rebut Perunggu Sepak Bola Olimpiade

Bendera Korsel
Bendera Korsel

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF---Korea Selatan meraih medali sepak bola Olimpiade untuk pertama kalinya ketika mereka mengalahkan saingan Asianya, Jepang, 2-0 dalam perebutan medali perunggu sepak bola putra, Jumat malam (Sabtu pagi WIB).

Pertandingan itu telah ditandai dengan kerumunan besar dan lebih dari 56.000 orang menyaksikan pertempuran sengit berkobar di Stadion Millennium antara dua semi-finalis yang diakhiri dengan dua gol, satu pada babak pertama dan satu pada babak kedua.

Permainan juga menghasilkan tujuh kartu kuning, empat untuk Korea dan tiga untuk Jepang.

Setelah mengatasi beberapa tekanan awal Jepang, pemain Arsenal, Park Chu-young, membuat Korsel memimpin 1-0 ketika tendangannya dari jarak dekat berhasil melewati kiper Jepang Shuichi Gonda pada menit 38.

Jepang menekan pada awal babak kedua, tetapi tidak menyelesaikan peluangnya dengan baik, dan justru kian tertinggal ketika sang kapten Koo Ja-cheol menggandakan keunggulan Korsel menjadi 2-0 pada menit 57.

Tertinggal 2-0, Jepang kemudian memasukkan Yamamura untuk menggantikan Ohgihara pada menit 59.

Sekitar tiga menit kemudian, Jepang kembali melakukan pergantian pemain, Sugimoto masuk dan Higashi ditarik keluar lapangan.

Beberapa peluang bagi Jepang pun tercipta, namun dua kali tembakan Kazuya Yamamura berhasil dihadang kiper Korsel.

Dalam sekitar 20 menit waktu pertandingan tersisa, Jepang kembali melakukan pergantian pemain, demikian juga pada kubu Korsel. Namun, pergantian pemain belum juga mengubah kedudukan.

Peluang-peluang yang tercipta, tidak membuahkan gol bagi Jepang maupun Korsel. Dan hingga pertandingan berakhir, Korsel menang 2-0 untuk mendapatkan medali perunggu.

Nanti malam waktu London, Brasil akan bertemu Meksiko untuk memperebutkan medali emas, dan perak bagi yang kalah, demikian merangkum laporan Reuters dan data hasil pertandingan sepak bola putra Olimpiade London 2012.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement