Selasa 19 Sep 2017 21:40 WIB

SM Pertamina Ikuti Merlion Cup Singapura

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Satria Muda Pertamina
Foto: Satria Muda
Satria Muda Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai mengikuti turnamen internasional di Taiwan, tim Satria Muda (SM) Pertamina akan melanjutkan rangkaian uji cobanya ke Singapura. Masih dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi kompetisi IBL musim 2017/2018, Vamiga Michel dkk dijadwalkan mengikuti Merlion Cup 2017 pada 20-24 September.

Merlion Cup merupakan turnamen tahunan yang diselenggarakan oleh Basketball Association of Singapore (BAS) sejak 2006 lalu dan diikuti oleh tim-tim papan atas dari berbagai negara. Ini merupakan turnamen yang bergengsi.

Tahun ini, tujuh tim elite dari Asia dan Australia tercatat mengikuti Merlion Cup. Selain SM Pertamina, tim peserta lainnya adalah Singapore Slingers (ABL), Jeonju KCC Egis (KBL Korea), Shanghai Sharks (CBA, Cina), Adelaide 36ers (NBL, Australia), NLEX SCTEX (D-League, Filipina) dan Yulon Luxgen Dinos (SBL, Taiwan). SM Pertamina tergabung bersama Shanghai Sharks, Jeonju KCC Egis, dan NLEX SCTEX di Grup A.

Shanghai Sharks merupakan tim asal Cina yang membesarkanpemain legendaris Yao Ming sebelum ia terjun ke NBA. Saat ini Shanghai Sharksjuga diperkuat oleh mantan pemain NBA, Jimmer Fredette.

Sementara Jeonju KCC Egis adalah tim dengan sejarah paling panjang di Korea Selatan. Hingga saat ini, mereka sudah 5 kali menjuarai KBL. Tim penghuni Grup A lainnya, NLEX STCTEX adalah peraih 6 kali gelar juara D-League Filipina dan baru saja dipromosikan ke PBA.

Arki Dikania Wisnu dan Christian Ronaldo Sitepu belum akan memperkuat tim SM Pertamina pada turnamen karena masih dalam masa cuti seusai memperkuat tim nasional Indonesia pada SEA Games beberapa waktu lalu. Selain itu tujuan uji coba ini adalah untuk menambah pengalaman para pemain muda. Sementara Avan Seputra masih memperkuat tim nasional 3x3 di ajang Asian Indoor And Martial Arts Games (AIMAG) 2017 di Turkmenistan.

"Ini kesempatanbaik untuk mendapatkan pengalaman, harus dicoba karena kita tidak tahu sebelum mencoba melawan mereka," ungkap pelatih SM Pertamina Youbel Sondakh .

Dari turnamen ini juga diharapakan kekuatan fisik, kematangan teknik bermain, dan ketangguhan mental bertanding para pemain muda semakin meningkat seiring dengan banyaknya jam terbang yang diberikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement