Sabtu 29 Apr 2017 22:54 WIB

Selisih Skor Jauh pada Halftime Sulitkan Aspac Kejar Pelita Jaya

Pelatih W88news.Aspac Antonius Ferry Rinaldo (kanan).
Foto: REPUBLIKA/Iftah Israr
Pelatih W88news.Aspac Antonius Ferry Rinaldo (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelatih W88news.Aspac Antonius Ferry Rinaldo mengucapkan selamat kepada Pelita Jaya yang berhasil mengalahkan timnya pada semifinal IBL Pertalite 2017. Aspac takluk 0-2 setelah kalah 74-82 pada gim kedua di GOR C'tra Arena, Bandung, Sabtu (29/4).

Ia mengungkapkan, ketinggalan skor yang terlalu jauh pada babak pertama membuat Aspac kesulitan untuk mengejar. Pelita Jaya unggul 21 angka, 48-27 pada akhir kuarter kedua. Aspac bangkit pada dua kuarter akhir, tapi hanya bisa menipiskan skor menjadi satu digit, tak sampai membalikkan keadaan.

"Saya bangga anak-anak telah berjuang keras, tapi defisit skornya memang terlalu jauh," kata Inal, panggilannya seusai laga.

Inal menuturkan, ia hanya meminta para pemainnya untuk bertahan lebih tangguh lagi saat jeda haltime. Ia juga mengatakan kepada para pemainnya untuk melupakan skor yang terlalu jauh dan terus menjalankan strategi permainan yang direncanakan sejak awal.

"Saya minta anak-anak lebih disiplin lagi, membuat lawan capek dengan penjagaan mereka, terutama kepada (Martavious) Irving. Kami berhasil memancing emosinya dan terbukti dia fouled out meskipun pada menit akhir," kata Inal.

Ia mengaku salah menerapkan strategi pada kuarter kedua saat timnya hanya mendapatkan 11 angka, tapi kemasukan 31. Aspac bermain zone defense, yang mampu dimaksimalkan para penembak Pelita Jaya.

"Kami dalam situasi team foul sehingga menjaga untuk tak membuat pelanggaran lagi dengan bermain zone defense. Tapi ada beberapa gerakan pemain terlambat yang membuat Pelita Jaya mampu mencetak skor dari tiga angka sehingga selisihnya jadi sangat jauh," jelas Inal.

Ia tak hendak menyalahkan pemainnya. Menurut dia, ada beberapa momen krusial wasit membuat keputusan keliru yang merugikan timnya. Namun, ia tetap mengakui lawannya lebih baik. 

"Kami akan kembali musim depan dengan lebih baik lagi," janji Inal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement