Selasa 26 Jul 2011 17:15 WIB

Satria Muda Fokus pada Regenerasi Pemain

Fitor Roring
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Fitor Roring

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Klub National Basketball League (NBL) Satria Muda Britama fokus pada proses regenerasi pemain sebelum akan turun di kompetisi resmi baik nasional maupun regional musim 2011/2012. GM of Basketball Operational Satria Muda, Fitor Roring, di Jakarta, Selasa (26/7) mengatakan, proses regenerasi wajib dilakukan agar tidak terjadi ketimpangan antara pemain senior maupun junior.

"Kami ingin tetap berada di level tertinggi. Jadi, semuanya harus dipersiapkan dengan baik jauh-jauh hari," katanya di sela penandatangan kontrak antara Satria Muda (SM) dengan Britama.

Selain merekrut pemain baru yang masih muda, salah satu upaya untuk regenerasi adalah melakukan pertukaran pemain dengan klub lain. Proses ini biasa disebut dengan istilah "trade".

Salah satu pemain yang akan memperkuat SM Britama musim depan adalah Frida Aris Sutanto. Sebelumnya pemain ini memperkuat Stadium. Sedangkan, pemain yang ditukar dengan Frida adalah Fatah Arifin.

"Frida kami ambil untuk mengisi kekurangan di posisi bigman. Selain itu, beberapa pemain baru juga telah bergabung untuk menjalani latihan," katanya menambahkan.

Selama ini klub juara National Basketball League (NBL) 2010/2011 diperkuat oleh pemain yang telah mempunyai nama besar di antaranya Christian Rinaldo Sitepu, Youbel Sondakh, Amin Prihantono, Rony Gunawan, Mario Wuysang dan Faisal Julius Achmad. Pelatih yang akrab dipanggil Ito itu menjelaskan, saat ini latihan terus digelar meski beberapa pemain fokus pada pelatnas SEA Games 2011. Pemain baru yang telah bergabung di antaranya adalah Fahmi dan William Darma Saputra.

Juara Indonesia Basketball League (IBL) lima kali berturut-turut itu pada musim depan dipastikan akan turun di dua kompetisi berbeda yaitu NBL dan ASEAN Basketball League (ABL). Hanya saja, jajaran pelatih belum menentukan susunan pemain yang akan turun di kompetisi itu.

"Kami terus mencari formula terbaik. Jadi, belum diputuskan susunan pemain baik untuk NBL maupun ABL," kata pria yang juga asisten pelatih timnas itu.

SM Britama hingga saat ini masih menjadi klub basket terbaik di Indonesia. Dengan prestasi itu, banyak sponsor yang berusaha melakukan kerja sama. Salah satu sponsor yang memperpanjang kontrak hingga 2013 adalah Britama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement