Kamis 28 Dec 2017 19:19 WIB

Ganda Putri Bongkar Pasang demi Target Medali Asian Games

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu
Foto: Humas PBSI
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim ganda putri pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menargetkan untuk bisa mempertahankan medali emas pada Asian Games 2018. Untuk persiapan mencapai target tersebut, ganda putri saat ini tengah melakukan pembenahan dengan melakukan bongkar pasangan.

"Kuota pasangan ganda putri di Asian Games hanya dua pasang, tetapi saya harus mempersiapkan tiga sampai empat pasangan. Akan dilihat lagi siapa yang mampu bersaing memperebutkan tiket ke Asian Games 2018," kata Kepala Pelatih Ganda Putri, Eng Hian dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Uji coba bongkar pasang seperti itu sudah dilakukan Eng pada 2017 lalu dengan menduetkan pemain senior Greysia Polii dan juniornya Apriyani Rahayu. Hasilnya ternyata bisa terbilang berhasil. Bukan cuma membuat kejutan dengan menumbangkan pasangan-pasangan papan atas, Greysia/Apriyani sudah menggondol gelar di Thailand Terbuka Grand Prix Gold 2017 dan Prancis Terbuka Super Series 2017.

''Padahal, keduanya belum genap setahun dipasangkan,'' kata Eng Hian. Pasangan tersebut bahkan sempat masuk jajaran ganda putri elite di posisi 10 besar dunia yang sekaligus membuat Greysia/Apriyani otomatis menjadi andalan utama ganda putri Indonesia saat ini.

Namun demikian, Eng menuturkan ia butuh tiga bahkan empat pasangan untuk mengamankan target medali di Asian Games 2018. Kepastian pasangan ganda putri utama yang dirombak itu bakal diumumkan Eng usai observasinya pada turnamen di bulan Januari, yakni Thailand Masters, Malaysia Masters, Indonesia Masters dan India Masters 2018.

"Saya masih mau pantau hasil di turnamen bulan Januari. Kalau juara, ya buat apa dirombak lagi. Alasan saya ingin bongkar pasang ini kan karena hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi," ucap Eng.

Saat ini skuat ganda putri utama diisi oleh Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Anggia Shitta Awanda, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Della Destiara Haris, Rizki Amelia Pradipta, Nitya Krishinda Maheswari, Yulfira Barkah, Rosyita Eka Putri Sari dan Meirisa Cindy Sahputri. Sedangkan tim pratama terdiri dari Siti Fadia Silva Ramadhanti, Agatha Imanuela, Jauza Fadhila Sugiarto, Ribka Sugiarto, Tania Oktaviani Kusumah. Vania Arianti Sukoco, Febriana Dwipuji Kusuma dan Serena Kani.

Adapun bagi Rosyita yang mengalami cedera lutut saat bertanding di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, masih akan diistirahatkan beberapa bulan kedepan hingga cederanya pulih dan siap terjun ke pertandingan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement