Senin 15 May 2017 14:15 WIB

Gagarin Persembahkan Emas Renang di ISG IV

Gagarin Nathaniel Yus (kanan)
Foto: Humas PRSI
Gagarin Nathaniel Yus (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU -- Perenang nasional Gagarin Nathaniel Yus berhasil mempersembahkan medali emas pertama dari cabang olahraga renang nomor 200 meter gaya dada putra dalam ajang multievent Islamic Solidarity Games IV 2017 di Baku Aquatics Centre, Azerbaijan, Ahad (14/5).

Gagarin berhasil mencatat waktu tercepat dua menit 17,23 detik untuk meraih medali emas. Medali perak dirah perenang Turki Alpkan Ornek dengan waktu 2 menit 17,58 detik dan ketiga perenang Suriah, Azad Albarazi dengan waktu dua menit 17,83 detik. 

Ini kali pertama Merah Putih berkibar di Baku Aquatic Centre. "Saya bersyukur bisa mempersembahkan medali emas. Selanjutnya harus lebih fokus dan memperbaiki beberapa kekurangan menatap ajang SEA Games Malaysia," ujar Gagarin dalam rilis PRSI yang diterima Republika.co.id, Senin (15/5).

Hasil menggembirakan, juga dibukukan tim estafet 4 x 200 meter gaya bebas putri yang mencetak rekor nasional baru delapan  menit 22,59 detik. Tim Indonesia terdiri dari Raina Saumi, Ressa Kania Dewi, Sagita Putri dan Yosita. Catatan ini menempatkan Indonesia sebagai peraih medali perak. Catatan ini lebih cepat lima detik dari rekornas lama yakni delapan menit 27,18 detik. 

Hingga hari kedua ISG, ini merupakan rekornas ketiga yang dibuat para perenang pelatnas. Dua rekornas di hari pertama, dibuat Fadlan Prawira nomor 400 meter gaya bebas putra dan kekasihnya Vanessae Evato nomor 50 meter gaya dada putri. 

Perenang putra Aflah Fadlan Prawira berhasil meraih medali perak untuk nomor 1500 gaya bebas putra dengan catatan waktu 15 menit 41,12 detik. 

Pada nomor 200 meter gaya ganti putra, perenang pelatnas Triady Fauzi Sidiq meraih medali perak dengan catatan 2 menit 02,31 detik. Emas direbut perenang Turki Metin Aydin dengan waktu dua menit 02,20 detik dan ketiga perenang Alzajair Ramzi Chouchar dengan catatan dua menit 06,95 detik. 

Triady juga meraih medali perunggu di nomor 100 meter gaya kupu-kupu dengan catatan 53,85 detik. Medali emas diraih perenang Turki yakni Ayar Kaan 52,75 detik dan perak Can Gures Umit juga dari Turki 53,02 detik. 

Perenang putri, Nurul Fajar Fitriyati juga mempersembahkan medali perunggu untuk nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri dengan catatan waktu 28,25 detik. 

Pada hari kedua, cabang renang memperoleh satu emas, dua perak dan dua perunggu. Total sampai hari kedua, cabang renang telah mengumpulkan satu emas, tujuh perak dan enam perunggu. Ini menambah koleksi medali kontingen Indonesia di ISG yang total mengumpulkan empat emas, 10 perak dan sembilan perunggu menempati posisi empat besar.                        

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement