Kamis 28 Aug 2014 20:44 WIB

Jakabaring Sport City Segera Miliki Venue Senilai Rp 1,2 Triliun

Rep: Maspril Aries/ Red: Citra Listya Rini
Suasana arena cabang olah raga senam Sea Games XXVI di Kompleks Olah Raga Jakabaring, Palembang.
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Suasana arena cabang olah raga senam Sea Games XXVI di Kompleks Olah Raga Jakabaring, Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Bersiap menyongsong pelaksanaan Asian Games XVIII yang masih empat tahun lagi, Jakabaring Sport City (JSC) segera berbenah. Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin mengatakan di kompleks olahraga termegah di Indonesia tersebut akan segera berdiri venue baru.

“Menyongsong Asian Games 2018 dalam kawasan JSC akan juga dibangun stasiun monorel dan convention hall. Tinggal convention hall yang tidak kita miliki, kalau sudah kita miliki lengkap sudah Palembang dan siap diadu dengan kota-kota lainnya di tingkat regional, bukan nasional,” kata Alex, Kamis (28/8).

Di dalam kawasan JSC sudah ada investor yang akan membangun Trans Studio dan hotel terpadu dengan fasilitas gedung bowling dan bola basket. “Bowling dan bola basket merupakan dua cabang olahraga yang termasuk sport entertaiment,” ujar Alex.

Menurut Alex, rencana pembangunan venue baru tersebut melibatkan pihak ketiga di atas lahan 30,8 Hektare dengan total biayanya kurang lebih Rp 1,2 triliun menggunakan sistem BOT (Build Operate Transfer).

“Dengan sistem BOT maka aset kita tidak hilang dan akan kembali dalam waktu maksimum 30 tahun dan menjadi milik kita kembali. Selama itu juga kita bisa menikmati, apa yang dibangun tersebut,” kata Alex.

Di komplek JSC yang telah menjadi tempat pelaksanaan Sea Games XXVI dan Islamic Solidarity Games (ISG) III juga akan berdiri kantor KONI Sumsel yang akan menjadi center of comittee Asian Games. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement