Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Ketua MPR: Memakai Cadar Itu Hak

Kamis 29 Mar 2018 09:11 WIB

Rep: febrian fachri/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan pidato di acara sosialisasi empat pilar kebangaaan di Ponpes Darul Ulum Lido, Kabupaten Bogor, Rabu (28/3).

Ketua MPR Zulkifli Hasan pidato di acara sosialisasi empat pilar kebangaaan di Ponpes Darul Ulum Lido, Kabupaten Bogor, Rabu (28/3).

Foto: republika/febrian fachri
Umat beragama berhak mengamalkan syariat agamanya, termasuk penggunaan cadar.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BOGOR- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyebut Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi hak-hak umat beragama. Sebab,  dasar negara Indonesia adalah Pancasila yang salah satunya ketuhanan yang maha esa.

Untuk itu setiap umat beragama berhak mengamalkan syariat agamanya, termasuk muslimah yang ingin menggunakan cadar.

"Cadar itu hak mereka (muslimah) ya silakan. Kalau keyakinannya dalam beragama begitu silakan saja. Karena kita negara Pancasila," kata Zulkifli di Pesantren Modern Lembah Arafah, Rabu (28/3) kemarin.

Pengamalan pancasila kata dia, tak hanya untuk pemeluk agama di Indonesia saja.Bahkan Pancasila membuat rakyat Indonesia juga peduli dengan penduduk negara lain yang tertindas.

Di Myanmar misalnya, kata Zulkifli Indonesia peduli dengan nasib etnis Muslim Rohingya bukan semata karena satu keyakinan. Namun karena masyarakat Indonesia murni mengedepankan solidaritas kemanusiaan.

"Kita mengutuk apa yang terjadi di Rohingya bukan karena mereka Islam, Kristen, Hindu, Budha atau yang lain. Kita Indonesia menolak kejahatan karena tidak sesuai dengan ideologi bangsa kita," ucap Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler