Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

HNW: Generasi Muda Mesti Menularkan Resolusi Jihad Pahlawan

Sabtu 24 Dec 2016 14:40 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengingatkan agar generasi muda Islam Indonesia harus mengetahui dan memahami kiprah dan peran penting islam dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dulu, kata dia, zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia, pahlawan Indonesia dan seorang ulama KH. Hasyim Asy’ari mengeluarkan resolusi jihad untuk menyelamatkan Indonesia dari penjajahan Belanda.

"Resolusi jihad inilah yang menggerakan pemuda -pemuda Indonesia antara lain Bung Tomo pada tanggal 1 November 1945 dengan, teriakan takbir dan merdeka bergerak semangat bergelora melawan penjajah," kata Hidayat, saat memberikan kuliah umum kepada ratusan peserta mahasiswa baru program S1 yang mengikuti program Pembinaan Kompetensi Umum angkatan 53 Institut Pertanian Bogor (IPB), di IPB, Bogor, Sabtu (24/12).

Semangat tersebut, kata Hidayat, harus tertular kepada generasi muda Islam saat ini. Apalagi, generasi muda bangsa saat ini lebih beruntung karena hidup di zaman modern. Menurutnya, saat ini banyak sekali generasi muda yang mampu mengenyam pendidikan sampai tinggi. Di samping itu, kecanggihan teknologi modern sangat memudahkan generasi muda untuk belajar dan menjalin hubungan.

"Zaman dulu tidak ada, dulu teknologi masih sangat sederhana dan terbatas tidak ada telepon seluler, tidak ada media sosial, tidak ada komputer, tidak ada jaringan internet," kata dia.

Tapi, para pahlawan bisa melakukan hubungan satu sama lain dengan sangat kompak, dengan satu tujuan menuju berjihad mencapai Indonesia merdeka. "Sekarang, jihad generasi muda Indonesia terutama muslim adalah mengisi kemerdekaan. Sehingga, tercapai Indonesia yang makmur dan sejahrera untuk semua," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler