Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

DPRD se-Indonesia Dukung Reformulasi Haluan Pembangunan

Rabu 20 Jul 2016 06:43 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Asosiasi DPRD se-Indonesia mendukung reformulasi haluan negara yang akan digarap oleh MPR.

Asosiasi DPRD se-Indonesia mendukung reformulasi haluan negara yang akan digarap oleh MPR.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menerima kunjungan Dewan Pengurus Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi). Pertemuan tersebut  berlangsung di ruang Kerja Ketua MPR, Selasa (19/7). Kepada Ketua MPR juru bicara Adeksi H. Didi Samardi SH yang juga Ketua DPRD Kota Mataram antara lain menyampaikan dukungannya terhadap rencana MPR memberlakukan kembali haluan negara.   

Apalagi, secara faktual  kerap ditemukan adanya perbedaan dan ketidak sesuaian antara RPJPMN dengan RPJPMD. Selain itu, ada juga adanya ketidak sesuaian antara visi misi presiden dengan kepala daerah. Karena itu menurut Didi Samardi harus ada reformulasi sistem perencanaan pembangunan dan penguatan fungsi serta wewenang DPRD.

"Di daerah, kedudukan kami ini seolah berada dibawah walikota, padahal salah satu tugas kami adalah mengawasi kinerja kepala daerah, jadi tidak sinkron", kata Didi Samardi menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, Didi juga menyampaikan perlunya penguatan visi konstitusi dikalangan anggota  DPRD. Adeksi berharap bisa menjalin kerjasama dengan MPR dalam melaksanakan sosialisasi. Seperti yang sudah terjalin dengan pemda selama ini.

Menanggapi harapan tamunya, Ketua MPR mengatakan pihaknya sangat senang bekerjasama melaksanakan sosialisasi. Termasuk dengan Adeksi. Karena itu, Zulkifli berharap agar Adeksi secepatnya menyampaikan undangan kepada pimpinan MPR untuk menyampaikan sosialisasi empat pilar.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli  juga mengatakan setuju untuk melakukan penguatan terhadap DPRD. Termasuk dalam hal anggaran. Untuk itu ia meminta agar Adeksi melakukan audiensi kepada DPR dan fraksi-fraksi di DPR, dengan maksud agar mendapat dukungan ditingkat pusat.   

"Pascareformasi kita mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam hal demokrasi. Namun kita belum berhasil mewujudkan tujuan demokrasi, inilah tantangan yang harus kita wujudkan, salah satunya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat", kata Zulkifli menambahkan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler