Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

MPR Terima Riset Dosen Dijadikan Kajian Akademik Kenegaraan

Ahad 24 Apr 2016 16:15 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono menyampaikan beberapa arahan kepada peserta ToT di lingkungan perguruan tinggi swasta dan negeri se-Jawa Tengah, Sabtu (23/4).

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono menyampaikan beberapa arahan kepada peserta ToT di lingkungan perguruan tinggi swasta dan negeri se-Jawa Tengah, Sabtu (23/4).

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono menyampaikan beberapa arahan kepada peserta ToT di lingkungan perguruan tinggi swasta dan negeri se-Jawa Tengah, Sabtu (23/4). Ma’ruf mengatakan, maksud dan tujuan MPR melakukan kegiatan sosialisasi adalah untuk mendapatkan masukan, gagasan dan aspirasi dari para peserta.

MPR juga akan mengevaluasi kelompok sasaran peserta. Jangan sampai yang dihadirkan dalam ToT tidak seperti yang diharapkan yakni yang bisa menyampaikan secara eksploratif tapi tepat berdasar norma, ekspresif tapi berdasar norma.

“Kami sangat berharap bapak dan ibu peserta menjadi penyampai yang baik dan berupaya agar apa yang menjadi materi sampai secara tepat kepada diri sendiri dan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing,” katanya.

Ma’ruf Cahyono mengingatkan bahwa praktek tatanegara Indonesia sangat dinamis sekali. Jika MPR mendapat masukan dan gagasan yang baru merupakan hal yang bagus sebab dalam praktek tatanegara sangat dinamis.

“Oleh karena itu akan menjadi baik sekali jika karya bapak dan ibu para akademisi tidak hanya menjadi obyek skripsi, tesis dan desertasi, tapi sampaikan juga kepada kami pasti akan menjadi bahan-bahan formal dan menjadi sandingan kajian anggota MPR," katanya.

Dia mengatakan masukan-masukan itu sangat tepat sebab saat ini, menuju tahun-tahun pemilihan umum. Draft akademik, lanjut Ma’ruf, akan menjadi draft politik yang akan muncul menjadi draft yuridis harus mengalir dari basisnya kedaulatan rakyat/suara rakyat dan akhirnya bermanfaat untuk rakyat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler