Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Hidayat Nur Wahid: Pahlawan tidak Melulu Angkat Senjata

Rabu 11 Nov 2015 13:03 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Hidayat Nur Wahid

Hidayat Nur Wahid

Foto: Dok: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan hari pahlawan pada tahun 2015, ini terasa lain. Karena pada peringatan hari pahlawan tahun ini ditandai dengan penganugerahan gelar pahlawan kepada Ki Bagus Hadikusumo.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Hidayat Nur Wahid MA saat menyampaikan pemikirannya pada dialog pilar negara yang berlangsung di Ruang Presentasi Perpustakaan MPR RI, pada Selasa (10/11). Bersama Dr. Didik Pradjoko, M. Hum, ahli sejarah dari UI, keduanya membahas tema Menggali Nilai-nilai Kepahlawanan.

Selain kepada Ki Bagus Hadikusumo, menurut Hidayat selayaknya Indonesia juga memberikan penganugerahan gelar pahlawan kepada R. Kasman Dimedjo. Karena seperi Ki Bagus, Kasman juga berkontribusi dalam perjuangan penyusunan konstitusi di Indonesia.

"Mudah-mudahan ditahun-tahun yang akan datang, giliran Kasman Dimedjo yang mendapat penganugerahan gelar pahlawan", kata Hidayat dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id.

Ke depan Hidayat berharap akan ada penganugerahan gelar pahlawan kepada tokoh-tokoh dari bidang pengabdian yang lain. Dan tidak melulu kepada para pejuang yang ikut mengangkat senjata. Meski sampai kapanpun, mereka yang berjuang mengangkat senjata untuk kepentingan bangsa dan negara akan tetap sesuai untuk diberikan gelar pahlawan.

"Ketika kita mengalami darurat asap, darurat narkoba, darurat korupsi hingga darurat kejahatan pedofilia, bukan tidak mungkin akan ada sosok pahlawan yang dianugerahi dari bidang tersebut, meski mereka tidak pernah berharap mendapat gelar pahlawan", kata dia.

Penganugerahan gelar pahlawan kepada Ki Bagus Hadikusumo seolah keluar dari kebiasaan yang berlaku selama ini. Seolah-olah pahlawan itu hanya diberikan kepada pejuang yang turut mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan.

Namun, kebiasaan itu tidak berlaku pada Ki bagus Hadikusumo. Selama hidupnya Ki bagus Hadikusumo lebih dikenal sebagai sosok yang lebih banyak memperjuangkan konstitusi bagi Indonesia.

Ia dikenal sebagai salah satu anggota BPUPKI yang menyiapkan naskah Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia. Ki bagus Hadikusumo tidak dikenal sebagai sosok yang ikut mengangkat senjata dan berperang melawan penjajah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler